Kalifah, Diah Rizki Nur
(2018)
PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS NILAINILAI
KARAKTER TEMA PAHLAWANKU
KELAS IV SD/MI DI BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Permasalahan penelitian ini beranjak dari data penelitian yang menunjukkan
materi pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia yang disajikan belum terintegrasi
nilai-nilai karakter, kemudian bahan ajar berupa modul belum pernah digunakan
dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan buku paket atau BUPENA
dan kamus Bahasa Indonesia serta materi pembelajaran dan konten bacaan dalam
buku paket terkesan monoton. Dalam penelitian ini, mengembangkan bahan ajar
berupa modul yang terintegrasi nilai-nilai karakter diyakini dapat menjadi salah satu
referensi sumber belajar pada peserta didik dan pendidik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall dan dibatasi dari
sepuluh langkah menjadi tujuh langkah, yang meliputi potensi dan masalah,
pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan
revisi produk. Instrument yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui
kelayakan modul dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan
modul yaitu menggunakan skala Likert dan disusun dalam bentuk checklist. Analisis
data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli
materi, ahli desain, ahli bahasa, guru Bahasa Indonesia, dan peserta didik SD/MI.
Hasil dari penelitian Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Nilai-
Nilai Karakter menunjukkan bahwa produk Modul layak digunakan sebagai media
pembelajaran. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui skor
penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 86.15% dengan kriteria sangat
layak, skor penilaian dari ahli desain memperoleh persentase 86.67% dengan kriteria
sangat layak, dan skor penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase 81.78%
dengan kriteria layak. Pada uji coba kelompok kecil didapatkan persentase
kemenarikan modul 97.5% dengan kriteria sangat menarik. Uji coba lapangan didapat
presentase kemenarikan modul 97.34% dengan kriteria sangat menarik. Dari hasil
validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa modul
Bahasa Indonesia materi membaca berbasis nilai-nilai karakter sangat layak untuk
digunakan sebagai bahan ajar.
Actions (login required)
 |
View Item |