PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS NILAINILAI KARAKTER TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD/MI DI BANDAR LAMPUNG

Kalifah, Diah Rizki Nur (2018) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS NILAINILAI KARAKTER TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD/MI DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI DIAH RIZKI.pdf]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini beranjak dari data penelitian yang menunjukkan materi pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia yang disajikan belum terintegrasi nilai-nilai karakter, kemudian bahan ajar berupa modul belum pernah digunakan dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan buku paket atau BUPENA dan kamus Bahasa Indonesia serta materi pembelajaran dan konten bacaan dalam buku paket terkesan monoton. Dalam penelitian ini, mengembangkan bahan ajar berupa modul yang terintegrasi nilai-nilai karakter diyakini dapat menjadi salah satu referensi sumber belajar pada peserta didik dan pendidik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Borg and Gall dan dibatasi dari sepuluh langkah menjadi tujuh langkah, yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Instrument yang digunakan berupa skala penilaian untuk mengetahui kelayakan modul dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan modul yaitu menggunakan skala Likert dan disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dilakukan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif dari ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, guru Bahasa Indonesia, dan peserta didik SD/MI. Hasil dari penelitian Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Nilai- Nilai Karakter menunjukkan bahwa produk Modul layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui skor penilaian dari ahli materi memperoleh persentase 86.15% dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari ahli desain memperoleh persentase 86.67% dengan kriteria sangat layak, dan skor penilaian dari ahli bahasa memperoleh persentase 81.78% dengan kriteria layak. Pada uji coba kelompok kecil didapatkan persentase kemenarikan modul 97.5% dengan kriteria sangat menarik. Uji coba lapangan didapat presentase kemenarikan modul 97.34% dengan kriteria sangat menarik. Dari hasil validasi ahli dan uji coba produk maka penulis dapat menyimpulkan bahwa modul Bahasa Indonesia materi membaca berbasis nilai-nilai karakter sangat layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jun 2018 01:51
Last Modified: 25 Jun 2018 01:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3755

Actions (login required)

View Item View Item