IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Romdan, Waldi (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (68MB) | Preview

Abstract

Dalam usaha meningkatkan usaha kualitas sumber daya pendidikan, guru merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dibina dan dikembangkan secara terus menerus. Oleh karena itu, dalam suatu pendidikan perlu adanya pelaksanaan supervisi pembelajaran oleh Kepala Madrasah secara terus menerus, karena supervisi pembelajaran dapat mengembanghkan kompetensi professional guru. Maka punulis meneliti tentang implementasi supervisi pembelajaran Kepala Madrasah dengan rumusan masalah bagaimana implementasi supervisi pembelajaran Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi supervisi pembelajaran Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penulis yaitu: reduksi data, penyajian, dan penulis menggunakan triangulasi sumber ditunjang dengan metode, kemudian menarik kesimpulan. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, waka kurikulum dan guru MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Dari hasil analisis data yang dilakukan. Maka penulis menyimpulkan bahwa Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung dalam mengimplementasi supervisi pembelajaran yaitu dengam membantu guru dalam persiapan mengajar, membantu guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, membantu guru dalam menerapkan metode dan teknik mengajar, membantu guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran, membantu guru dalam melakukan analisis hasil belajar, membantu guru dalam menganalisis kesulitan belajar siswa, dengan melalui suatu pendekatan direktif dan menggunakan teknik, kunjungan kelas, pertemuan individual, rapat, dan diskusi kelompok, kemudia kepala menindaklanjuti hasil dari supervisi pembelajaran dengan melakukan pembinaan secara individual. Mengacu pada teori supervisi maka implementasi dari supervisi pembelajaran Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung tersebut semuanya terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:11
Last Modified: 08 Jun 2018 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item View Item