PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V MIN 1 PESAWARAN TAHUN AJA RAN 2016/2017

Fadilah, Dede (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS V MIN 1 PESAWARAN TAHUN AJA RAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia di MIN 1 Pesawaran mengalami hambatan yaitu masih ada siswa yang hasil belajarnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70 terutama di membaca pemahaman. Kondisi ini yang melatar belakangi peneliti untuk menggunakan metode SQ3R sehingga dengan metode tersebut membaca pemahaman pada siswa dapat meningkat. Sebagaimana saat melakukan kunjungan lapangan ketika pra survey didapat informasi bahwa metode SQ3R belum pernah digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut agar proses pembelajaran menjadi lebih hidup dan berfariatif pendidik yang dalam hal ini guru sebaiknya dapat menggunakan dan memaksimalisasikan metode dalam proses pembelajaran, sehingga rumusan masalah yang diajukan adalah ”Apakah Keterampilan membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V Min 1 pesawaran?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V MIN 1 Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classrom Action Research karena ruang lingkupnya dalam pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Keterampilan membaca pemahaman dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode SQ3R pada siswa kelas V Min 1 pesawaran, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pra survey 60,25 dengan ketuntasan belajar 27,5%. Pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan belajar 47%, dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80 dengan ketuntasan belajar 82%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan dari kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V MIN 1 Pesawaran. Kata kunci : Metode SQ3R, Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:32
Last Modified: 17 Mar 2017 01:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item