PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

HUDOIFIAH, H (2018) PENGARUH MODEL ACTIVE LEARNING TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI VIA.pdf]
Preview
PDF
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang diperlukan oleh setiap peserta didik guna mempermudah proses belajar mengajar. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Bhakti Pemuda Tanjung Bintang masih rendah, hal ini terlihat dari ulangan semester genap tahun ajaran 2016/2017 peserta didik memperoleh nilai diatas (KKM) dengan nilai sebanyak 35 dari 77 dan diduga belum pernah dilakukan tes kemampuan berpikir kritis matematis. Peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan dapat mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model active learning tipe group to group exchange terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari bepikir kritis matematis peserta didik Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Bhakti Pemuda Tanjung Bintang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak kelas dengan materi operasi bentuk aljabar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan tes kemampuan berpikir kritis matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikan diperoleh = 40,759 = 4,062 sehingga ditolak, = 19,971 = 3,209 sehingga ditolak, = 0,426 = 3,209 sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran active learning tipe Group to Group Exchange terhadap kemampuan komunikasi matematis, (2) Terdapat pengaruh pada peserta didik yang memiliki kategori kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan komunikasi matematis, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kategori kemampuan berpikir kritis matematis terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 07 Jun 2018 06:45
Last Modified: 07 Jun 2018 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3747

Actions (login required)

View Item View Item