PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

Wati, Evi Septia (2017) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBINAAN BUDAYA MEMBACA AL-QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (66MB) | Preview

Abstract

Peran kepemimpinan kepala madrasah merupakan faktor penting bagi keberhasilan lembaga pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan nasional khususnya pembelajaran. Kepemimpinan yang efektif akan mampu memberi kontribusi bagi peningkatan perkembangan dan kemajuan kegiatan di suatu madrasah dalam hal membudayakan membaca al-Qur’an. Disinilah peran penting kepala madrasah dalam membudayakan membaca al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung. Sehingga penulis tertarik untuk meneliti peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan budaya membaca al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung. Dengan demikian rumusan masalah yang penulis kemukakan adalah “Bagaimana peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan budaya membaca al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini mengungkapkan peran kepemimpinan kepala madrasah serta dalam pembinaan budaya membaca al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan ilmu pendidikan dan kepemimpinan. Tenik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh langsung dari responden dari peran kepemimpinan kepala madrasah yaitu dengan analisisa data. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan pengamatan dan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber atau metode. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan budaya membaca al-Qur’an di MTs N 2 Bandar Lampung sudah terlaksana, dibuktikan dengan : setiap hari senin sampai dengan kamis sebelum memulai proses belajar mengajar selalu membaca al- Qur’an setiap kelasnya, setiap hari jum’at dan sabtu sebelum memulai proses belajar mengajar selalu membaca zikir almatsurah, dan selalu menghafalkan surah-surah serta menyetorkan hafalan kepada guru tahfidz setiap minggu. Kesimpulan penelitian ini, peran kepemimpinan kepala madrasah dalam pembinaan budaya membaca al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bandar Lampung dalam pembinaan peran kepala madrasah sebagai pemimpin, beliau selalu mengarahkan dan mengambil tindakan sesuai dengan program madrasah demi mewujudkan visi dan misi madrasah. Dalam wawancara kepala madrasah melakukan beberapa hal dalam membina membaca al-Qur’an yaitu dengan kemampuanya yaitu : kepribadian, kemapuan memberi arahan, kemampuan mengambil keputusan, kemampuan mengambil tindakan, dan kemampuan komunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 04 Jun 2018 02:52
Last Modified: 04 Jun 2018 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3698

Actions (login required)

View Item View Item