MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

RAHAYU, SRI (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTs MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran Al –Qur’an Hadits di MTs Muhamadiyah Sukarame Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Untuk mengetahui bagaimana penilaian/evaluasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Untuk mengetahui apa saja faktor yang menghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Al-Qur’an hadits di MTs Muhammadiyah Sukaramen Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Menggunakan model penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam menganalisis data adalah dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data hasil penelitian dilakukan dengan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian Perencanaan pembelajaran yang ada di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung sudah tersedia silabus, RPP, alat peraga maupun media pembelajaran lainnya. Walaupun media pembelajaran dan juga penggunaan alat peraga tersebut belum digunakan dengan tepat. Pelaksanaan pembelajaran kegiatan pendahuluan guru melakukannya dengan mengkondisikan kelas terlebih dahulu dan akan memulai kelas ketika peserta didik sudah siap untuk belajar, mengabsen siswa, kemudian menanyakan materi minggu kemarin dikaitkan dengan materi sekarang, kegiatan inti sumber pembelajaran yang digunakan guru dalam pembelajaran Qur’an Hadits sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang direncanakan dalam RPP. Akan tetapi, dalam mengalokasikan waktu pembelajaran guru terkadang masih kurang tepat, pada kegiatan penutup guru selalu mengakhiri pembelajaran dengan membuat kesimpulan dan juga memberikan evaluasi baik itu tertulis maupun lisan. Dalam penilaian hasil pembelajaran yang dilakukan oleh guru sudah dilakukan terhadap penguasaan pengetahuan peserta didik dengan menggunakan tes dan nontes dalam bentuk lisan maupun tertulis, dan melakukan penilaian terhadap sikap dan perilaku peserta ddik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 31 May 2018 07:38
Last Modified: 31 May 2018 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item