KORELASI ANTARA COOPERATIVE LEARNING TEKNIK INSIDEOUTSIDE CIRCLE DENGAN KETUNTASAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 5 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Nafiudin, Imam (2017) KORELASI ANTARA COOPERATIVE LEARNING TEKNIK INSIDEOUTSIDE CIRCLE DENGAN KETUNTASAN BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP NEGERI 5 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran Cooperative Learning teknik Inside-Outside Circle adalah bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompokkelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen yang memungkinkan peserta didik untuk saling berbagi informasi pada waktu yang bersamaan. Ketuntasan belajar adalah pencapaian taraf penguasaan minimal yang ditetapkan untuk setiap unit pelajaran baik dalam perorang maupun perkelompok, dengan kata lain apa yang dipelajari siswa dapat dikuasai sepenuhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah korelasi antara Cooperative Learning teknik Inside Outside Circle dengan ketuntasan belajar Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP N 5 Terbanggi Besar Lampung Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi (korelasional) dan meode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 5 Terbanggi Besar yang berjumlah 241 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling (area sampling) merupakan teknik sampling yang digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang diteliti atau sumber data sangat luas yaitu 71 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan tes. Uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, korelasi/hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan H1 diterima, yakni dengan rhitung sebesar 0,41 berada pada interval 0,40-0,59 sehingga menunjukkan korelasi Cooperative Learning teknik Inside-Outside Circle dengan ketuntasan belajar adalah korelasi yang cukup kuat. Lalu dilakukan perhitungan koefisien determinasi dan diperoleh kesimpulan bahwa Cooperative Learning teknik Inside Outside Circle memberikan kontribusi sebesar 16,81% terhadap ketuntasan belajar peserta didik aspek kognitif (KI 3) dan 83,19% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Kata Kunci : Korelasi, Model Pembelajaran Cooperative Learning, Teknik Inside- Outside Circle, Ketuntasan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:57
Last Modified: 14 Mar 2017 01:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item