IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN Bagi Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Hasanuddin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung TP. 2015/2016

Sholihin, Mukhlis (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TUTORIAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN Bagi Siswa Kelas XI di Madrasah Aliyah Hasanuddin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung TP. 2015/2016. Undergraduate thesis, iain raden intan lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman umat islam di dunia dan di wajibkan bagi umat islam untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Seharusnya anak didik membaca Al-Qur’an itu sejak kecil karena sangat banyak sekali yang kurang bisa membaca Al-Qur’an. Metode Tutorial merupakan metode yang lebih menekankan pada bacaan yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Untuk dapat meningkatkan intelektual,kematangan emosional,dan kematangan sosial yang dapat mempengaruhi kognitif,afektif,dan psikomotor anak agar dapat berubah kearah yang lebih baik,sepertinya harus ada suatu metode yang inovatif. Tujuannya adalah untuk mengembangkan potensi anak yang sebenarnya mempunyai minat dan daya nalar yang luar biasa. Tentunya hal-hal yang dapat merangsang atau menumbuhkan minat anak didik itu sendiri,serta upaya guru dan orang tua yang ikut terlibat aktif dalam kemajuan anak didiknya untuk menggapai prestasi tinggi dan kegemaran atau minat akan membaca. Di samping itu juga bisa membuat anak didik lebih percaya akan kemampuan dirinya.Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu aspek yang perlu dikuasai oleh siswa. Fenomena yang terjadi saat ini,siswa kurang tertarik pada saat pembelajaran membaca Al-Qur’an diantaranya adalah di MA Hasanudin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung. Berdasarkan latar belakang diatas,maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut :“Bagaimana penerapan metode Tutorial dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di MA Hasanudin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung “. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Tutorial dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas XI MA Hasanudin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya Field Research. Tekhnik pengambilan data melalui metode observasi,metode interview ( wawancara) dan metode dokumentasi serta metode Tes. Untuk menganalisa data di gunakan metode deskriptif kualitatif . Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pempelajaran tutorial dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di kelas XI MA Hasanudin Kupang Teba Teluk Betung Bandar Lampung. Hal ini di tandai dengan meningkatnya kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an di buktikan dengan nilai Tes ketuntasan membacaAl-Qur’an, Tes pertama mendapatkan nilai 61,17% dari 17 peserta didik yang tuntas 7 peserta didik, kemudian terjadi peningkatan nilai ketuntasan menjadi 76,17% pada Tes Ketuntasan II dari 17 peserta didik yang tuntas mencapai 15 peserta didik. Sehingga dapat di simpulkan Metode pembelajaran Tutorial dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:57
Last Modified: 14 Mar 2017 01:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/368

Actions (login required)

View Item View Item