PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DAN METODE IQRO` PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADITS DI KELAS V MIN 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

BUWANA, CAKRA (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE DRILL DAN METODE IQRO` PADA MATA PELAJARAN AL-QUR`AN HADITS DI KELAS V MIN 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (16MB) | Preview

Abstract

Tujuan membaca agar dapat menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan serta mampu memahami, menghayati serta mengamalkan apa yang telah dibaca dengan cara melisankan atau hanya cukup membaca dalam hati. Membaca Al-Qur`an menggunakan Metode Drill dan Metode Iqro` yang merupakan salah satu metode yang divariasikan agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran Al-Qur`an dan Hadits dengan cara memberikan latihan yang terus menerus kepada siswa sehingga siswa memiliki keterampilan dalam membaca Al-Qur`an. Hasil tes kemampuan membaca Al-Qur`an, guru masih menggunakan metode konvensional pada pra observasi menunjukkan bahwa, yang mencapai ketuntasan individual hanya 6 siswa (22.22%) di kelas V MIN 3 Bandar Lampung masih banyak yang belum mencapai KKM 70 dari 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1-2 siklus dan menggunakan desain Kemmis Mc Taggart. Prosedur penelitiannya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas V MIN 3 Bandar Lampung yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Analisis data bersifat Deskriptif Kualitatif dengan menghitung ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini meliputi ketuntasan individual siswa mencapai nilai KKM (70) dan ketuntasan klasikalnya mencapai 70%. Hasil penelitian, pada siklus ke-I presentase ketuntasan klasikalnya sebesar 29.63% (8 siswa yang dianggap tuntas) dan pada siklus ke-II terjadi peningkatan tes kemampuan membaca Al-Qur`an dibanding dengan hasil tes pada siklus ke-I dengan presentase ketuntasan klasikalnya 70.37% (19 siswa yang yang tuntas) dari 27 siswa di kelas V. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur`an dapat ditingkatkan melalui Metode Drill dan Metode Iqro` pada mata pelajaran Al-Qur`an Hadits di kelas V MIN 3 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 30 May 2018 06:28
Last Modified: 30 May 2018 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3673

Actions (login required)

View Item View Item