PENGARUHKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFTERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTADIDIKKELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNGTAHUN AJARAN 2017 /2018

Desti, Etti (2018) PENGARUHKEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFTERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA PESERTADIDIKKELAS VIII SMP PGRI 6 BANDAR LAMPUNGTAHUN AJARAN 2017 /2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PDF.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah (soal-soal) matematika, siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran, sehingga perkembangan pola pikir anak menjadi terhambat dan menurunkan daya kreatifitas siswa, terutama pada saat mengalami masalah yang belum mereka hadapi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah berpikir kreatif matematis berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa di kelas VIIID SMP PGRI 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2017/2018, pada pembelajaran matematika dengan materi tentang Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Metode peneltian ini adalah kuantitatif. Paradigma penelitian yang digunakan berupa paradigma tunggal, 2 (dua) variable. Lokasi penelitian di SMP PGRI 6 Bandar Lampung dengan popolasi bejumlah 135 orang, sampel penelitian yaitu kelas VIIID yang berjumlah 35 orang yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Instrumen pengumpulan data utama dengan tes yang berbentuk esayy, yang mana sebelumnya telah dilakukan pengujian validitas dan reabilitas instrumen. Data yang terkumpul, selanjutnya dianalisis dengan statistik dan dilanjutkan dengan pengujian hipotesa dengan uji regresi linear sederhana. untuk itu, harus terpenuhi sebelumnya persyaratan analisis berupa uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif berpengaruh signifikan terhadap pemecahan masalah matematika di kelas VIIID SMP PGRI 6 Bandar Lampung. Kesimpulan ini berdasarkan data perhitungan dengan melihat nilai tendency central (mean, median, modus, range, nilai minimum, nilai maksimum, dan simpangan baku (standar deviasi). pengujian hipotesis, diperoleh nilai regresi sebesar 62,966. Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi (KD) atau R Square sebesar 0,656 (65,6 %)..

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 28 May 2018 07:09
Last Modified: 28 May 2018 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3663

Actions (login required)

View Item View Item