PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MAN 2 TANJUNG KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG

Romadhon, Maszain (2017) PENGARUH SUPERVISI KEPALA MADRASAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU MAN 2 TANJUNG KARANG KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi_ku_1_file.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, meneliti, dan merumuskan hubungan antara: (1) supervisi kepala madrasah (X_1 ) dengan kinerja guru (Y), (2) motivasi Kerja guru (X_2 ) dengan kinerja guru (Y), dan (3) supervisi kepala madrasah(X_1 ) dan motivasi kerja guru (X_2 ) secara bersama-sama dengan kinerja guru (Y).Hipotesis yang diujikan adalah : (1) terdapat Pengaruh positif antara supervisi kepala madrasah dengan kinerja guru, (2) terdapat pengaruh yang positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru, (3) terdapat pengaruh yang positif antara supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah (Metode Research), dengan populasi dan sample adalah keseluruhan guru MAN 2 Tanjung karang yang berjumlah 44 orang guru dengan menggunakan (Teknik Simple Random Sampling).Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian variabel (X_1 ), (X_2 ) dan (Y) adalah metode angket/instrument model likert. keterdalaman semua instrument dihitug dengan rumus Alpha Cronbach menggunakan bantuan program computer ITEMAN. Hasil uji coba untuk variabel (X_1 ) reliabilitas instrument sebesar 0.897, variabel (X_2 ) reliabilitas instrument sebesar 0.919, variabel (Y) reliabilitas instrument sebesar 0.913. data analisis secara deskriptif, kemudian untuk pengujian hipotesis digunakan statistic korelasi sederhana, parsial, dan ganda, yang proses analisisnya dilakukan dengan bantuan program computer SPSS. Versi 17.00.Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, terdapat hubungan positif antara supervisi kepala Madrasah dengan kinerja guru, dengan persamaan Y= 36.922 + 1.076〖 X〗_1 dan koefisien korelasi sederhana r=0.682, koefisien korelasi parsial (0.335), serta koefisien determinasi (R^2 )=0.4663 yang menunjukan bahwa 46.63% variasi kinerja guru ditentukan oleh supervisi kepala madrasah Kedua, terdapat hubungan positif antara motivasi kerja guru dengan kinerja guru, dengan persamaan Y= 36.652+ 0.569 X_2 dan koefisien korelasi sederhana r=0.351, koefisien korelasi parsial (0.812), serta koefisien determinasi (R^2 )= 0.123, yang menunjukan bahwa 12.3% variasi kinerja guru ditentukan oleh motivasi kerja guru. Ketiga, terdapat hubungan positif antara Supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama dengan kinerja guru, dengan persamaan Y=2.035+(-0.308) x_1+(1.343)x_2 dan koefisien korelasi ganda r=0.941, serta koefisien determinasi (R^2 )= 0.885 yang menunjukan bahwa 88.5% variasi kinerja guru ditentukan oleh supervisi kepala madrasah dan motivasi kerja guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 Mar 2017 01:58
Last Modified: 14 Mar 2017 01:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item