PENERAPAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG

NURDIANTO, N (2018) PENERAPAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQIH KELAS VIII DI MTs MUHAMMADIYAH BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (57MB) | Preview

Abstract

Penggunaan media merupakan merupakan salah satu faktor penentu dalam belajar. Penggunaan media yang sesuai dalam proses belajar mengajar dapat memudahkan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru sehingga pembelajaran akan berjalan dengan baik sebab dengan hal inilah siswa tidak cepat bosan dan jenuh. Dalam pengajaran fiqih media yang paling mudah adalah penggunaan media grafis akan tetapi belum semua guru dapat melakukannya dengan baik. Media grafis sendiri merupakan cabang dari media yang ada, media grafis berfungsi sebagai cara untuk menyajikan, menguraikan pelajaran dengan menyingkat waktu kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini pendidikan khusunya dalam hal penguasaan media pembelajaran sangatlah penting untuk memotivasi siswa agar tidak mudah jenuh dalam mengikuti proses belajar mengajar, maka dari itulah seorang pengajar harus mempunyai wawasan yang luas dan harus mempunyai daya kreatifitas yang tinggi. Melalui kreatifitas itulah guru diusahakan agar dapat mengembangkan bagaimana cara mengembangkan media pembelajaran dan memotivasi siswa agar semangat dalam belajarnya. Untuk itulah penulis mengangkat permasalahan dalam Skripsi ini dengan judul Penggunaan Media Grafis dalam Pembelajaran Fiqih untuk Mempermudah Pemahaman Siswa Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Bandar Lampung. Bertolak dari fenomena diatas, maka pembahasan dalam Skripsi ini melipOuti pembahasan: media grafis dan fiqih. Adapun hasil dari penelitian tindakan kelas adalah meningkatnya pemahaman siswa kelas VIII melalui penggunaan media grafis dalam pembelajaran fiqih. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar seswa dan persetase ketuntasan siswa. Pada prasurvey nilai rata-rata hasil belajar sebesar (7)(orang siswa tuntas) persentase ketuntasan ( 3 8 , 8 9 %), siklus I (12) (orang siswa tuntas) persentase ketuntasan (66,67%),dan siklus II (18) (orang siswa tuntas) persentase ketuntasan (100%)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 25 May 2018 03:15
Last Modified: 25 May 2018 03:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3653

Actions (login required)

View Item View Item