PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIPPRINSIP SYARIAH TERHADAP MINAT KONSUMEN HOTEL SYARIAH (Study Kasus Pada Hotel Bandara Syari’ah Kabupaten Lampung Selatan Kec. Natar)

Ningsih, Gusti Ratna (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN PRINSIPPRINSIP SYARIAH TERHADAP MINAT KONSUMEN HOTEL SYARIAH (Study Kasus Pada Hotel Bandara Syari’ah Kabupaten Lampung Selatan Kec. Natar). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP REVISI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan semakin berkembangnya ekonomi syari’ah di Indonesia, saat ini banyak lembaga yang menerapkan prinsip syari’ah dalam menjalankan usahanya seperti perbankan syari’ah, asuransi syari’ah, reksadana syari’ah, pasar modal syari’ah hingga sektor bisnis di bidang perhotelan juga menerapkan prinsip syari’ah. Alhasil, tidak sedikit hotel yang mulai menerapkan prinsip-prinsip syari’ah dalam menjalankan kegiatan operasional bisnisnya. Di Lampung terdapat Hotel Bandara Syariah yang terletak Berlokasi hanya sekitar 5 menit dari Bandara Radin Inten II dan sekitar 25 menit dari pusat kota Bandar Lampung.. Hotel Bandara Syari’ah memiliki keunikan yang membedakan dengan hotel-hotel lain. Hotel Bandara adalah penginapan yang bernuansa islami. Hal yang membedakan Hotel Bandara Syari’ah dengan hotel lain adalah pelayanan dan fasilitas yang diberikan mencerminkan nilai islami dan bernuansa religi. Sebagai contoh sederhana, semua karyawan hotel mengenakan busana yang menutup aurat, hotel juga hanya menyediakan makanan dan minuman yang halal serta ketersediaan sarana ibadah di setiap kamar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip yari’ah terhadap minat konsumen Hotel Bandara syariah (Secara parsial) 2) Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap minat konsumen Hotel Bandara syariah (Secara simultan). Adapun tujuan penelitian ini adalah 1). Mengidentifikasi pengaruh pelayanan dan prinsip-prinsip syari’ah serta minat konsumen pada hotel syari’ah (Bandara Syari’ah). 2). Untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan penerapan prinsip-prinsip syari’ah terhadap minat konsumen hotel syari’ah (Hotel Bandara Syari’ah). Metodologi yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, koefisisen determinasi, uji t parsial dan uji F secara simultan..Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan penerapan prinsipprinsip syari’ah, secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat konsumen hotel syari’ah.Uji t dan uji F menghasilkan nilai signifikansi <0,05. Kemudian nilai R Square sebesar 0,405 mengindikasikan bahwa variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen sebesar 40,50%. Sedangkan sisanya sebesar 59,50% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Penerapan prinsip-prinsip syari’ah, Minat konsumen, Hotel syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 03:33
Last Modified: 24 May 2018 03:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3643

Actions (login required)

View Item View Item