BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI PANTI ASUHAN BUDI MULYA MUHAMMADIYAH KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

Jalwi, Rayza Fahlevi (2018) BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK DI PANTI ASUHAN BUDI MULYA MUHAMMADIYAH KECAMATAN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (928kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang mengenali diri sendiri, mengendalikan diri, memotivasi diri serta memahami perasaan orang lain dan cakap sosial. Kecerdasan emosi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan anak asuh dalam mengelola atau mengendalikan emosi. Mengingat pentingnya pengendalian emosi dalam kehidupan sehari-hari, karena dengan mengendalikan emosi manusia dapat mengatasi kesedihan yang timbul, mengendalikan amarah dengan baik serta memiliki perasaan positif terhadap diri sendiri dan orang lain, Maka perlu adanya penelitian tentang bimbingan kelompok di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak asuh khususnya dalam aspek mengendalikan emosi dan untuk mengetahui apa saja yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan bimbingan kelompok di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripsi analisis. Cara menentukan sampel penelitian dengan menggunakan teknik jenis purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah anak asuh yang berusia 13-15 tahun yang berjumlah lima orang dan dua orang pembimbing. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenasi. Analisis data kualitatif dengan metode pengambilan kesimpulan deduktif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti yang ada pada data lapangan adalah bimbingan kelompok di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dilaksanakan dengan menggunakan teknik pemberian Informasi atau ceramah yang mencakup 3 hal yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok didapati perubahan dalam diri anak asuh dalam hal mengelola amarah menjadi lebih baik, dapat mengatasi kesedihan agar tidak berlarut-larut dan memliki perasaan positif terhadap diri sendiri dan orang lain. Hambatan yang menyebabkan kurang optimalnya pelaksanaan bimbingan kelompok di Panti Asuhan Budi Mulya Muhammadiyah Kecamatan Sukarame Bandar Lampung diantaranya adalah belum terjadwalnya layanan bimbingan kelompok, kurangnya refensi pemimpin kelompok dalam menggunakan metode bimbingan kelompok dan kurangnya kesadaran anak asuh akan pentingnya bimbingan kelompok. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 May 2018 06:35
Last Modified: 23 May 2018 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item