ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) PADA BANK SYARI’AH MANDIRI DENGAN BANK BRI KANTOR KAS UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi Komparasi Mahasiswa FEBI dan Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2014)

ICHWAN, AFIFUL (2018) ANALISIS PERBANDINGAN KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN PEMBAYARAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) PADA BANK SYARI’AH MANDIRI DENGAN BANK BRI KANTOR KAS UIN RADEN INTAN LAMPUNG (Studi Komparasi Mahasiswa FEBI dan Tarbiyah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2014). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung dalam beberapa tahun ini telah bekerja sama dengan dua Bank yaitu Bank Syari’ah Mandiri dan Bank BRI dalam lalu lintas keuangannya terutama pembayaran uang kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT). Terdapatnya dua bank yang bekerja sama secara garis besar dapat mempermudah dan mempercepat pembayaran uang perkuliahan atau uang kuliah tunggal (UKT). Namun bagi kedua bank hal ini menjadikan meningkatnya intensitas persaingan dalam memberikan pelayanan agar mendapatkan kepuasan nasabah yang maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Kepuasan Mahasiswa FEBI Terhadap Pelayanan Pembayaran UKT Pada Bank Mandiri Syari’ah Kantor Kas UIN Raden Intan?, Bagaimana Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tarbiyah Terhadap Pelayanan Pembayaran UKT Pada Bank BRI Kantor Kas UIN Raden Intan?, Apakah Terdapat Perbedaan Kepuasan mahasiswa FEBI Pada Bank Mandiri Syari’ah dan Tarbiyah pada Bank BRI Kantor Kas UIN Raden Intan Terhadap Pelayanan Pembayaran UKT?. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kombinasi Mixed Methodology (Kuantitatif Kualitatif) dalam tahap pengumpulan data, dengan jenis penelitian lapangan (field reseach), dan bersifat komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalaah mahasiswa FEBI dan tarbiyah. Populasi penelitain sebanyak 591untuk mahasiswa FEBI dengan sampel 85 mahasiswa dan populasi sebanyak 2094 untuk mahasiswa tarbiyah dengan sampel 95 mahasiswa serta menggunakan uji Independent Samples t test. Hasil tingkat kepuasan mahasiswa FEBI angkatan 2014 di peroleh nilai tingkat kepuasan 80.0% atau berada pada daerah penilaian setuju dan tingkat kepuasan mahasiswa Tarbiyah angkatan 2014 di peroleh nilai dengan tingkat kepuasan 82.8% atau berada pada daerah penilaian sangat setuju. Hasil uji Independent Samples t test diperoleh thitung -3.674 > ttabel 1.974 dan nilai signifikasi.(2-tailed) 0.000/2 = 0.00 < 0.05 maka Ho Di terima atau ada perbedaan kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam pada Bank Mandiri Syari’ah dan Fakultas Tarbiyah & Keguruan pada Bank BRI Kantor Kas UIN Raden Intan Lampung terhadap pelayanan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Hasil ini juga dukung banyaknya jumlah mahasiswa yang memiliki rekening bank BRI dari 190 responden, 87 mahasiswa memiliki rekening BRI Aktif dan 24 mahasiswa memiliki Rekening Bank Syari’ah Mandiri Aktif dan sisahnya tidak memiliki rekening atau rekening bank lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 23 May 2018 02:47
Last Modified: 23 May 2018 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item