PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PROTISTA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Purnasari, Eta (2018) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI PROTISTA DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pra penelitian yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung dan hasil dari wawancara dengan guru mata pelajaran biologi diketahui bahwa kegiatan pembelajaran biologi belum optimal dan kemampuan berpikir peserta didik masih kurang. Dapat dilihat dari antusiasme peserta didik dalam menjawab pertanyaan dari guru. Hal ini dikarenakan guru cenderung menggunakan model direct intruction. Maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasinya, diantaranya adalah mencari dan menemukan model dan media pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project-based learning berbasis media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi protista. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu The Matching Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari tes, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (X.A) dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol (X.C). Berdasarkan hasil analisis analisis uji t independent kemampuan berpikir kritis menunjukkan bahwa Sig.(2-tailed) 0,025 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model project-based learning berbasis media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X pada materi protista SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 May 2018 04:38
Last Modified: 21 May 2018 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item