PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ORGANISASI TINGKAT JARINGAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

Hariyanti, Merli (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TIPE 7E TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) PADA MATERI ORGANISASI TINGKAT JARINGAN PESERTA DIDIK KELAS XI IPA DI SMA GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PDF MERLI.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang berlangsung di SMA Gajah Mada sudah cukup baik namun disini terlihat bahwa keterampilan proses sains para peserta didik masih kurang dan peserta didik cenderung kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMA Gajah Mada Bandar Lampung menunjukan bahwa sebanyak 41 orang dengan presentase 64,04 % peserta didik yang belum mencapai KKM. Asumsi tersebut diambil dari data nilai materi organisasi tingkat jaringan yang di peroleh peserta didik pada tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen (eksperimen semu), karena peneliti tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang muncul. Rancangan eksperimen dalam penelitian yang dilakukan adalah dengan pola posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Gajah Mada Bandar Lampung, tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5. Berdasarkan hasil penelitian diketahui pencapaian pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran learning cycle tipe 7E diperoleh nilai rata-rata 77,86% sedangkan pada kelas kontrol 69,47%. Penilaian lembar observasi diperoleh rata-rata kelas eksperimen 76,09% dan pada kelas kontrol 68,40%. Uji t pada pencapaian konsep diperoleh thitung = 2,4146 dan ttabel =1,9989 sehingga thitung ≥ttabel dengan berdasarkan nilai taraf signifikan 5% (0,05) dengan df = 62 maka dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle tipe 7E terhadap keterampilan proses sains (KPS) pada materi organisasi tingkat jaringan. kesimpulan dari pembahasan diatas bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle tipe 7E berpengaruh terhadap terhadap keterampilan proses sains (KPS) peserta didik kelas XI di SMA Gajah Mada Bandar Lampung. Kata Kunci: KPS, Learning Cycle Tipe 7E

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 21 May 2018 03:07
Last Modified: 21 May 2018 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3619

Actions (login required)

View Item View Item