EVEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG

LESTARI, PUJI (2018) EVEKTIFITAS METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN TAMAN KANAK-KANAK ASSALAM 2 SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (60MB) | Preview

Abstract

Metode bermain peran adalah memerankan karakter/tingkah laku dalam pergaulan, kejadian yang diulang kembali, kejadian masa depan, kejadian masa kini yang penting, atau situasi imajinatif. Keterampilan sosial merupakan salah satu bagian dari perkembangan sosial yang merupakan perolehan kemampuan berprilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Penggunaan metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan sosial anak sangat tepat, karena salah satu fungsi bermain peran mengantisipasi peran yang akan dijalani di masa yang akan datang. Berdasarkan hasil observasi peneliti, didapat bahwa di Taman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame menggunakan metode bermain peran. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dan menuangkan dalam rumusan masalah yakni untuk mengetahui Bagaimana Efektifitas metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun taman kanak-kanak assalam 2 sukarame Bandar lampung. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun taman kanak-kanak assalam 2 sukarame Bandar lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik dan guru. Sedangkan objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti yaitu bagaimanakah efektifitas metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahun taman kanak-kanak assalam 2 sukarame bandar lampung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, serta untuk menganalisa hasil peneliti melakukan penarikan kesimpulan dengan cara induktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa efektifitas metode bermain peran dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia 5-6 tahunTaman Kanak-Kanak Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dari tingkat pencapaian keterampilan sosial anak yang meliputi : Bersikap kooperatif dengan teman, Menunjukan sikap toleran, Mengekspresikan emosi dalam berbagai situasi, Memahami peraturan dan disiplin, Mengenal tata krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat. Sudah terlaksana dengan baik dan dapat mengembangkan keterampilan sosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 May 2018 04:17
Last Modified: 17 May 2018 04:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item