ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSFEKTIF SYEIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM SAAT INI (telaah kitab Al-Ghunyah Li Thalibi Thariq al-Haq Ajja Wajalla)

HUMAIDI, ADI (2018) ADAB PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK PERSFEKTIF SYEIKH ABDUL QADIR AL-JAILANI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM SAAT INI (telaah kitab Al-Ghunyah Li Thalibi Thariq al-Haq Ajja Wajalla). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ADI HUMAIDI.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pendidikan tidak terlepas dari hubungan timbal balik antara guru dan murid. Karena pada dasarnya pendidikan berintikan interaksi antara guru dan murid. Oleh karena itu seorang guru maupun murid harus memiliki Adab yang harus dipenuhi, sehingga tercipta hubungan harmonis antara keduanya. Bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas, penulis akan melakukan penelitian terhadap pemikiran Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani tentang bagaimana adab pendidik dan peserta didik dalam pendidikan Islam saat ini? Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pemikiran Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani tentang adab pendidik dan peserta didik dalam interaksi pendidikan Islam yang menjadikan pendidikan beliau itu adalah pendidikan yang sangat baik untuk guru dan murid dalam berinteraksi, Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) yakni suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data yang diperoleh dari buku-buku, surat kabar, majalah, notulen dan data-data lainya. Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode analisis isi (content analisis) yaitu suatu tehnik penelitian untuk memuat inferensi dari data-data yang telah diolah dan dianalisis sebagai jawaban terhadap masalah yang telah dikemukakan. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah buku karya yaitu kitab Al-Ghunyah li Thalibi Thariq al-Haq Azza Wa jalla. Adapun data sekunder yaitu data-data dari sumber data lainnya yang relevan dengan permasalahan atau tema penelitian ini. Dari hasil penelitian kepustakaan ini peneliti dapat mengambil tiga kesimpulan besar. Pertama, adab yang harus dimiliki oleh murid terhadap guru menurut Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani yaitu: murid harus membersihkan jiwanya dari akhlak tercela, tidak menekuni semua bidang ilmu secara sekaligus, mempelajari ilmu secara sistematis, dan hendaknya seorang murid mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kemuliaan ilmu. Kedua, adab yang harus dimiliki oleh guru terhadap murid menurut Syeikh Abdul Qadir Al-Jailani yaitu: menerima murid karena Allah, mendidik murid penuh dengan kasih sayang, selalu menasihati muridnya, mengawasi muridnya dan lemah lembut kepada muridnya saat sang murid tidak mampu menyelesaikan riyadhah, tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu dilakukannya, serta mampu merasakan kesulitan yang tengah dihadapi oleh muridnya. Adapun Ketiga kewajiban murid terhadap gurunya yaitu: murid harus menaati guru dan tidak menentangnya baik secara lahir maupun batin, menutupi aib guru, bersikap sopan dan mencintai gurunya, yakin dan percaya bahwa gurunya adalah ahli untuk ditimba ilmunya, menghindari dosa, memiliki akidah yang benar, dan memiliki sifat-sifat yang mulia. Konsep dasar adab pendidik dan peserta didik dalam Syeikh Abdul Qadir Al- Jailani tersebut sangat relevan apabila diterapkan didalam proses pendidikan Islam saat ini, mengingat betapa terpuruknya interaksi antara adab guru dan murid dalam pendidikan Islam saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 May 2018 07:04
Last Modified: 16 May 2018 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item