PENGARUH PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TERHADAP PEMIKIRAN UMAR IBNU AHMAD BARAJA TENTANG MATERI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK

Waryanto, Mohamad (2018) PENGARUH PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI TERHADAP PEMIKIRAN UMAR IBNU AHMAD BARAJA TENTANG MATERI PENDIDIKAN AKHLAK ANAK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI WARYANTO.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting, sebab jatuh bangunnya suatu individu atau masyarakat tergantung kepada bagaimana akhlaknya. Apabila akhlaknya baik maka sejahtera lahir batinnya. Namun, apabila akhlaknya rusak maka rusaklah lahir batinnya. Kualitas manusia tidak dapat diukur hanya dari keunggulan keilmuan dan keahlian semata, tetapi juga diukur dari kualitas akhlak. Ilmu yang tinggi tanpa disertai dengan akhlak mulia akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Ilmu tanpa akhlak dapat membawa kepada kehancuran. Berbagai fenomena dan gejala sosial dikalangan anak-anak seperti praktek sopan santun yang mulai memudar, kurang hormat terhadap orang tua dan guru, kasus-kasus kekerasan pada anak, geng motor, pornografi, tawuran, narkoba, dan ketidakjujuran menjadi pemandangan sehari-hari di negeri ini. Degradasi perilaku anak dikarenakan kurangnya pendidikan akhlak pada waktu kecil. Idealnya pendidikan akhlak dilakukan sejak dini dalam rangka penanaman nilai-nilai akhlak. Pembentukan akhlak untuk anak sebenarnya sudah menjadi perhatian para ulama ataupun ilmuan Islam. Perhatian ulama sperti Imam Al- Ghazali dan juga Ulama asli Indonesia Umar Ibnu Ahmad Baraja terhadap pendidikan akhlak anak tampak pada kitab Bidayatul Hidayah yang dikarang oleh Imam Al-Ghazali dan juga kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn, yang dikarang oleh Umar Bin Ahmad Baraja. Adapun rumusan masalah yang dimaksud adalah Mengapa Pemikiran Umar Ibnu Ahmad Baraja tentang Materi Pendidikan Akhlak Anak di Pengaruhi oleh Imam Al-Ghazali. Selanjutnya, penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian library research.Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah content analysis, yaitu mengeksplorasi materi pendidikan akhlak anak dalam kitab Bidayatul Hidayah dan dalam kitab Al-Akhlāq Li Al-Banīn yang disajikan secara deskriptif analitik komparatif. Setelah dilakukan kajian yang mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Pemikiran Imam Al-Ghazali terhadap Pemikiran Umar Ibnu Ahmad Baraja tentang Materi Pendidikan Akhlak Anak terletak pada Materi Akhlak Kepada Allah, Materi Akhlak Kepada Sesama Makhluk, dan Materi Akhlak Kepada Lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 16 May 2018 01:33
Last Modified: 16 May 2018 01:33
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item