POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMK AL-FAJAR KASUI WAY KANAN

Susanto, Anton (2018) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA SMK AL-FAJAR KASUI WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ANTON.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan bagian yang paling penting dalam kehidupan seharihari. Dalam berkomunikasi memiliki beberapa bentuk antara lain, komunikasi intrapersonal, komunikasi antarpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Perlu disadari bahwa peran komunikasi sangat penting dalam kehidupan bersosiaisasi, bahkan dalam kegitan belajar mengajar Pola komunikasi langsung dan tidak langsung yang digunakan guru agama dalam pembinaan akhlak terhadap siswanya merupakan sebuah komunikasi yang sangat begitu penting dalam menyampaikan pesannya kepada para siswanya tersebut. Banyak sekali fenomena-fenomena yang terjadi di sekolah mengenai siswa dalam berfikir dan bersikap lain dengan yang diajarkan oleh gurunya. Bahwasanya tujuan pendidik dalam kegiatan belajar-mengajar adalah untuk dapat mencerdaskan dan meningkatkan kualitas siswa-siswi mereka. Maka hal itu dipermasalahkan dalam proses berkomunikasi yang disampaikan oleh guru kepada siswa didiknya. Sebagai seorang Da’I yang menyampaikan ajaran Islam, rumusan masalah yang digunakan adalah bagai mana pola komunikasi yang digunakan guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMK Al-Fajar Kasui Way kanan? Dan yang ke-dua,keefetifan komunikasi yang dilakukan guru Agama membina akhlak siswa SMK Al-Fajar? Adapun tujuan penelitian ini dilakukan antara lain, Untuk mengetahui pola komunikasi guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMK Al-Fajar kasui way kanan.Dan untuk mengetahui efektifitas Pola Komunikasi Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMK Al-Fajar Kasui Way Kanan. Penelitian merupakan penelitian lapangan (feiled research) bersifat kulitatif yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara systemmatis dengan mengangkat yang ada dilapangan, populasi dalam penelitian ini sebanyak 3 orang guru agama dan 19 siswa yang mengikutin kegitan rohis. Jenis sampel yang penulis gunakan adalah purposive sampiling. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode interview, metode obsevasi, dan metode dokumentasi untuk analisis data penulis mengunakan analia kualitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan pola komunikasi yang digunakan oleh guru agama dalam pembinaan akhlak siswa SMK Al-Fajar Kasui Way Kanan adalah komunikasi kelompok kecil indikasi ini dilihat dari guru agama menyampaikan kepada siswa dan didengarkan dengan seksama pesan yang disampaikan oleh guru Agama. Dalam hal tersebut timbulah feedback atau umpan balik dari siswa-siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 15 May 2018 07:35
Last Modified: 15 May 2018 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3598

Actions (login required)

View Item View Item