PENGEMBANGAN BUKU CERITA MINI IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Noversia, Hany (2018) PENGEMBANGAN BUKU CERITA MINI IPA (ILMU PENGETAHUAN ALAM) UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (34MB) | Preview

Abstract

Rendahnya minat membaca siswa membuat guru kesulitan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar mengajar khususnya pada materi IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) tentang sel organisasi kehidupan yang memiliki banyak sub materi. Proses pembelajaran sangat kurang efektif bahan ajar yang digunakan kurang mendukung, guru hanya menggunakan buku cetak milik sekolah dan jumlahnya sangat terbatas. Buku cetak berukuran besar dan tebal biasanya, guru membagi siswa dalam beberapa kelompok agar buku cetak dapat terbagi rata, hal ini membuat siswa menjadi malas untuk membaca. Selain itu, kemampuan berpikir kreatif peserta didik belum dikembangkan. Salah satu alternatif bahan ajar yang dapat digunakan adalah buku cerita mini IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memberdayakan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini merupakan adaptasi model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Dari sepuluh tahapan peneliti menyederhanakan menjadi tujuh tahapan sebagai berikut : (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan penelitian; (3) pengembangan produk; (4) validasi desain; (5) revisi validasi desain; (6) uji produk secara luas; (7) revisi uji produk secara luas. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : (1) angket ahli media; (2) angket ahli materi; (3) angket ahli bahasa; (4) angket tanggapan Guru IPA; (5) angket respon peserta didik; (6) wawancara; (7) dokumentasi. Berdasarkan uji kelayakan terhadap buku cerita mini IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) untuk memberdayakan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi IPA Biologi adalah sangat layak dengan persentase 84,37% oleh ahli materi, 100,00% oleh ahli media, 85,00% oleh ahli bahasa. Sedangkan kelayakannya diperoleh 94,16 % oleh guru dan 94,24% oleh peserta didik. Adapun karakteristik dari bahan ajar adalah (1) bahan ajar mudah digunakan. (2) bahan ajar berupa buku teks. (3) bahan ajar terdiri dari alur cerita, materi, glosarium. (4) Bahan ajar buku cerita mini IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dapat membantu siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 14 May 2018 07:40
Last Modified: 14 May 2018 07:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3590

Actions (login required)

View Item View Item