EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Astuti, A (2018) EFEKTIVITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI DI DEPAN UMUM PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 8 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Kecemasan berbicara di depan umum yaitu perasaan tidak nyaman dan tidak menyenangkan yang memicu rasa takut untuk berbicara, pidato, juga sekedar menyampaikan pendapat di muka umum secara personal atau kelompok, sehingga pesan tidak dapat tersampaikan secara sempurna. Konseling behavioral adalah salah satu teknik yang digunakan dalam menyelesaikan masalah tingkah laku yang di timbulkan oleh dorongan dari dalam dan dorongan untuk memenuhi kebutuhankebutuhan hidup, dilakukan melalui proses belajar agar orang bisa bertindak dan bertingkah laku lebih efektif dan efisien. Disensitisasi Sistematis adalah teknik yanng digunkan untuk menghapus rasa cemas dan menghindar, dengan cara melatih konseli untuk santai dan mengasosiasikan keadaan santai dengan pengalaman pembangkit kecemasan yang dibayangkan atau divisualisasi. Jenis desain dalam penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan Quasi eksperimental design menggunakan desain non-equivalent kontrol group design. dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian design 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Pada kedua kelompok tersebut samasama dilakukan pretest dan posttes,dalam penelitian inni berfokus kepada kefektifan konseling Behavioral Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Di Depan Umum, dengan teknik pengumpul data yaitu angket. Adapun dapat diketahui bahwa nilai z hitung eksperimen < z kontrol (-2,207 < -2,214 ), hal ini menunjukkan bahwa ho ditolak dan ha diterima. Selain itu nilai ratarata posttest pada kelas eksperimen lebih rendah dari pada kelas kontrol 206 < 454 atau 34,33 ≤ 75,66 sehingga dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan hasil posttest antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka dapat di simpulkan bahwa teknik Desensitisasi sistematis efektif untuk mengurangi kecemasan berkomunikasi di depan umum pada peserta didik Kelas XII SMA Negeri 8 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Nov 2018 02:25
Last Modified: 22 Nov 2018 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item View Item