IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DI SMP MUHAMMADIYAH PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN

Evita, Anna Yulia (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU (MMT) DI SMP MUHAMMADIYAH PENENGAHAN LAMPUNG SELATAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full 6.pdf]
Preview
PDF
Download (24MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan kita ini belum sepenuhnya dapat memenuhi harapan pelanggan masyarakat. Fenomena itu ditandai dari rendahnya mutu lulusan, akhirnya seringkali hasil pendidikan mengecewakan masyarakat. Kualitas lulusan pendidikan yang kurang sesuai dengan kebutuhan pasar tenaga kerja dan pembangunan, baik industri, perbankan, telekomunikasi, maupun pasar kerja sektor lainnya yang lebih cenderung menguatkan sektor lainnya yang lebih cenderung menguatkan eksistensi sekolah saja. Bahkan sumber daya manusia yang disiapkan melalui pendidikan sebagai generasi penerus bangsa yang baik belum sepenuhnya memuaskan apabila dilihat dari segi akhlak, moral dan jati diri bangsa dalam kemajemukan budaya bangsa. Cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan menerapkan TQM/MMT dalam pendidikan adalah filosofi perbaikan terusmenerus dimana lembaga pendidikan menyediakan seperangkat saran atau alat untuk memenuhi bahwa melampaui kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggan saat ini dan masa yang akan datang. Didasarkan atas permasalahan tersebut maka penulis merumuskan permasalahan penelitian ini yaitu “Bagaimana implementasi manajemen mutu terpadu (MMT) di SMP Muhammadiyah penengahan lampung selatan”. Adapun tujuan penulis yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana implementasi manajemen mutu terpadu di SMP Muhammadiyah penengahan lampung selatan. Sedangkan kegunaannya dari penelitian ini adalah agar nantinya hasil dari penelitian ini akan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu di SMP Muhammadiyah penengahan lampung selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan sifat penelitian ini adalah termasuk penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Adapun dalam mengalanalisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat diambil kesimpulan bahwa implementasi manajemen mutu terpadu (MMT) di SMP Muhammadiyah penengahan lampung selatan sudah terlaksana dengan baik tetapi dari beberapa bagian masih banyak yang harus dibenahi dengan cara perbaikan secara terus menerus dari berbagai bidang, dengan diterapkannya manajemen mutu terpadu di SMP Muhammadiyah ini juga diharapkan dapat menjadikan SMP Muhammadiyah dapat meningkatkan mutu sekolah dan dapat bersaing dengan sekolah lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2018 03:21
Last Modified: 11 May 2018 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item