KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NURUL HIDAYAH KECAMATAN SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS

Citra, Jeka Sukma (2018) KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA MADRASAH DALAM PENGELOLAAN MUTU PEMBELAJARAN DI MTs NURUL HIDAYAH KECAMATAN SEMAKA KABUPATEN TANGGAMUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full 5.pdf]
Preview
PDF
Download (31MB) | Preview

Abstract

Mutu pembelajaran dapat dikatakan sebagai gambaran mengenai baik buruknya hasil yang dicapai oleh peserta didik dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan. Sekolah dianggap bermutu jika berhasil mengubah sikap, perilaku, dan keterampilan peserta didik dikaitkan dengan tujuan pendidikannya. Terkait dengan efektivitas pembelajaran maka dapat dinilai dari tercapai atau tidaknya tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MTs Nurul Hidayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer mencakup subjeknya yaitu kepala sekolah dan guru MTs Nurul Hidayah Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus, sedangkan sumber data sekuder yaitu berupa dokumen-dokumen, catatan tertulis yang berhubungan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan langkahlangkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan dan pengamatan triangulasi. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengenai keterampilan manajerial kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pembelajaran terdapat beberapa indikator yaitu, keterampilan teknis, keterampilan konseptual, keterampilan hubungan manusia, perencananaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. Dalam penguasaan teknis kepala madrasah untuk meningkatkan mutu pembelajaran kepaa madrasah berbekal dari pengalamannya selama menjadi kepala sekolah dan kepala madrasah memanfaatkan sarana dan prasarana sekolah sepeti penggunan LCD saat pembelajaran. Untuk keterampilan hubungan manusia, kepala sekolah selalu menjalin komunikasi dengan para guru dengan melakukan tegur sapa setiap harinya. Dan untuk keterampilan konseptual, untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi kepala madrasah selalu mengajak para guru untuk rapat agar permasalahan bisa dapat teratasi. Kata Kunci : Keterampilan Manajerial, Mutu Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 May 2018 03:03
Last Modified: 11 May 2018 03:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3571

Actions (login required)

View Item View Item