PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMK SMTI BANDAR LAMPUNG

Pisaba, Milta Dwi (2018) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Di, sekolah, SMTI Bandar Lampung misalnya, pembelajaran biologi belum memfasilitasi peserta didik untuk memberdayakan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kreatif dari peserta didik. Pembelajaran yang terjadi di kelas masih bersifat teacher centered. Tujuan pada penelitian ini : 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemampuan pemecahan masalah, 2) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap keterampilan berfikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Desain eksperimen ini menggunakan The Matching Pretest Posttest Control Group. Penelitian ini dilakukan di SMK SMTI Bandar Lampung pada kelas XI. Sampel penelitian dipilih secara cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen (XI KI 4) dan kelas kontrol (XI KI 3) . Teknik pengambilan data menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 51,77 dan kelas kontrol 48,8 dan nilai rata-rata posttest kemampuan pemecahan masalah pada kelas eksperimen 73,71 dan pada kelas kontrol 50,51. Sedangkan pretest keterampilan berpikir kreatif kelas eksperimen 47,88 dan kelas kontrol 47,31 postestnya pada kelas eksperimen 78,85 dan kelas kontrol 67,2. Hasil uji t-independent menunjukkan bahwa nilai Sig.(2-tailed) 0,00 < α (0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh metode pembelajaran Problem Solving terhadap kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir peserta didik pada materi pencemaran lingkungan Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci : Metode Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Berpikir Kreatif,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Drs Elzondry Azly
Date Deposited: 11 May 2018 01:46
Last Modified: 11 May 2018 01:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3567

Actions (login required)

View Item View Item