IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Yulianti, Heni (2018) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 SIMBARWARINGIN KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full H.pdf]
Preview
PDF
Download (61MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan transformasional ialah kemampuan seorang pemimpin dalam mempengaruhi bawahan untuk mencapai tujuan yang ditargetkan untuk melakukan suatu hal perubahan yang memiliki visi kedepan dan mampu mengidentifikasi perubahan lingkungan serta mampu mentransformasi perubahan tersebut kedalam organisasi, memberikan motivasi dan inspirasi kepada para bawahannya untuk kreatif dan inovatif. Kepemimpinan transformasional berpengaruh kuat dalam menjalankan suatu organisasi. Seiring dengan kemajuan pendidikan yang berkembang saat ini guru dituntut untuk meningkatkan kemampuan keprofesionalannya dalam mengajar, untuk itu kesadaran dari guru dan kepala sekolah harus tumbuh di dalam diri untuk meningkatkan pendidikan. Disamping itu diperlukannya pembinaan dan pengawasan oleh kepala sekolah terhadap guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas hendaknya seorang guru sebelum memberikan materi harus membuat perencanaan mengajar dan menguasai bahan materi serta metode yang digunakan harus bervariasi, selain itu pemanfaatan sarana prasarana yang sudah disediakan harus diberdaya gunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SDN 1 Simbarawaringin Lampung Tengah, sehingga paham akan pelaksanaan didalam Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, guna menjadi acuan serta menjadi bahan penilaiaan untuk dapat mengetahui sejauh mana kepala sekolah meningkatkan mutu pembelajaran di sekolahnya. Dari hasil penelitian, pelaksanaan kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pembelajaran sudah cukup baik meskipun ada beberapa hal yang belum dilakukan oleh kepala sekolah karena kendala yang ada. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dimana proses pengumpulan datanya melalui interview sebagai metode pokok yang ditujukan kepada guru dan staf, metode observasi sebagai penunjang, kemudian metode dokumentasi digunakan sebagai pelengkap untuk mengetahui pembelajaran yang dilakukan guru, dan sarana pendukung yang ada di SDN 1 Simbarawaringin Lampung Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 May 2018 07:27
Last Modified: 08 May 2018 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item