ANALISIS KESESUAIAN MATERI AJAR DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PADA KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Pendidikan Agama Islam kelas X Terbitan Platinum, Erlangga, KEMENDIKBUD Edisi Revisi 2017 dan Platinum Edisi Revisi 2016)

Tamara, Awi (2018) ANALISIS KESESUAIAN MATERI AJAR DENGAN KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PADA KURIKULUM 2013 (Studi Analisis pada Buku Pendidikan Agama Islam kelas X Terbitan Platinum, Erlangga, KEMENDIKBUD Edisi Revisi 2017 dan Platinum Edisi Revisi 2016). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full X.pdf]
Preview
PDF
Download (62MB) | Preview

Abstract

Buku merupakan salah satu unsur yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Selain itu buku juga memberikan fasilitas keberhasilan belajar seorang peserta didik atau keberhasilan mengajar seorang guru. Buku merupakan sarana yang dibutuhkan oleh peserta didik untuk membantu dalam proses kegiatan belajar. Buku merupakan suatu factor kebutuhan bagi peserta didik. melalui kegiatan membaca buku siswa menjadi tahu akan berbagai hal yang sebelumnya mereka belum ketahui. Adanya persyaratan agar buku PAI kelas X SMA bisa efektif dan efisien dalam penggunaannya dan sesuai dengan KI, KD yang ditentukan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, hal ini yang menjadi latar belakang masalah penulis dalam mengambil judul “ Analisis Kesesuaian materi ajar dengan KI dan KD pada Kurikulum 2013”. Adapun focus penelitian ini meliputi : 1). Bagaimana kesusuaian materi ajar PAI kelas X dengan KI dan KD pada kurikulum 2013 ? sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesesuaian materi ajar dengan KI, KD pada Kurikulum 2013. Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini diambil dari buku-buku ajar siswa PAI dan BP SMA kelas X pokok bahasan atau sub bahasan dalam buku ajar PAI tersebut merupakan instrumen penelitian . dalam penelitian ini peneliti juga instrumen dengan menggunakan tehnik non-tes dan metode dokumentasi.Selain itu, tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil dari analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa dari Kesesuaian Materi ajar Teks pelajaran PAI dan BP SMA kelas X terbitan Platinum, Erlangga, KEMENDIKBUD edisi revisi 2017 dan Platinum edisi revisi 2016. Dari keempat kesesuaian Materi Buku-buku teks dengan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar di peroleh hasil kesimpulan sebagai berikut : a) Kajian terhadap kesesuaian buku PAI terbitan Platinum yang dijadikan objek penelitian, dengan KI, KD pada kurikulum 2013 telah sesuai. b) Kajian terhadap kesesuaian buku PAI terbitan Erlangga yang dijadikan objek penelitian, dengan KI, KD pada kurikulum 2013 telah sesuai iii c) Kajian terhadap kesesuaian buku PAI terbitan KEMENDIKBUD revisi 2017 yang dijadikan objek penelitian, dengan KI, KD pada kurikulum 2013 telah sesuai d) Kajian terhadap kesesuaian buku PAI terbitan Platinum revisi 2016 yang dijadikan objek penelitian, dengan KI, KD pada kurikulum 2013 telah sesuai Kata Kunci : Kesesuaian Materi, Buku Teks PAI, KI, KD dan Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 07 May 2018 02:34
Last Modified: 07 May 2018 02:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item