METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid)

Savitri, S (2018) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM KELUARGA (Studi Komparasi Pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full Z.pdf]
Preview
PDF
Download (63MB) | Preview

Abstract

Pendidikan dalam keluarga merupakan inti dan pondasi dari upaya-upaya pendidikan selanjutnya baik di sekolah maupun di luar sekolah. Kesalahan orang tua yang paling fatal adalah ketidaktahuan mereka tentang pendidikan anak yang benar menurut Islam. Beberapa faktor yang menyebabkan orang tua pada kesalahan mendidik anak adalah lemahnya keinginan para orang tua untuk mengerti akan tugas dan tanggung jawab utama sebagai orang tua bagi anaknya. Kesalahan lain pada orang tua adalah sedikitnya uswah (teladan baik) pada diri mereka yang ditiru oleh anak-anaknya. Dalam metode mendidik anak sebagai orang tua tidak bisa jika mengharuskan berkiblat ke Barat ataupun ke Timur Tengah, Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid merupakan tokoh pemerhati pendidikan anak dalam Islam. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah bagaimana metode pendidikan anak dalam Islam menurut pemikiran abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid dan bagaimana persamaan dan perbedaan metode pendidikan anak dalam Islam menurut pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid. Sedangkan tujuannya adalah untuk mengetahui metode pendidikan anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid serta ingin mengetahui persamaan dan perbedaan metode dari kedua tokoh tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Sifat penelitiannya adalah Deskriptif analitik dan metode analisisnya adalah analisis isi dan metode komparasi. Berdasarkan penelitian pustaka yang telah dilakukan mengenai “Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga Studi komparasi Pemikiran Abdullah Nashih ‘Ulwan dan Muhammad Suwaid“ disimpulkan pemikiran metode pendidikan anak menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan diantaranya metode keteladanan, nasehat, pembiasaan, perhatian atau pengawasan dan hukuman. Menurut Muhammad Suwaid, diantaranya metode keteladanan, nasehat, kisah, dialog, pembiasaan, perhatian, pujian, dan metode hukuman. Persamaannya terletak pada metode keteladanan, pembiasaan, perhatian dan hukuman sebagai alternatif terakhir. Perbedaannya terletak pada metode pembiasaan, yaitu faktor yang mempengaruhi, dalam metode perhatian menurut Abdullah Nashih ‘Ulwan mencakup berbagai aspek. Perbedaan lainnya dalam metode nasehat, dan metode hukuman perbedaannya dalam syarat hukuman memukul dan penggunaan metode hukuman. Kata Kunci : Metode, Pendidikan Islam, dan Keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 07 May 2018 02:25
Last Modified: 07 May 2018 02:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3538

Actions (login required)

View Item View Item