PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF SIDOREJO LAMPUNG TIMUR

NURHAYATI, LIA (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MOTIVATOR DALAM MENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MI MA’ARIF SIDOREJO LAMPUNG TIMUR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LIAA.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepala Madrasah dalam menjalankan kepemimpinannya selalu menemukan berbagai problematika yang berkenaan dengan kompetensi guru, staf dan peserta didik. Sebagai upaya mencari solusi atas berbagai persoalan pendidikan yang dihadapi, kepala madrasah perlu menerapkan suatu manajemen yang professional sehingga akan berimbas dalam meningkatkan kompetensi guru dalam proses belajar mengajar. Kepala MI Ma‟arif Sidorejo Lampung Timur telah menjelaskan tugas dan kewajiaban dengan baik dalam hal pengelolaan (manajemen) lembaga pendidikan khususnya dalam hal manajemen meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Akan tetapi di lapangan masih temukan kekurangan guru dalam hal pemanfaatan teknologi pembelajaran dan perencanaan pembelajaran. Atas dasar itu maka sebagai Rumusan Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟Arif Sidorejo Lampung Timur dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dari meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Ma‟Arif Sidorejo Lampung Timur”. Adapun jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, menggunakan teknik triangulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan berbagai sumber diluar data tersebut sebagai bahan perbandingan. Dari hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: kepala madrasah sangat berperan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru hal ini dapat dilihat dari indikator yaitu membangkitkan dan merangsang guru-guru dan pegawai sekolah di dalam menjalankan tugasnya masing-masing, bersama guru-guru berusaha mengembangkan, mencari dan menggunakan metode-metode mengajar yang lebih sesuai dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku, membina kerjasama yang baik dan harmonis di antara guru-guru dan pegawai sekolah lainnya, berusaha mempertinggi mutu dan pengetahuan guru-guru dan pegawai sekolah, dengan mengadakan diskusi-diskusi kelompok, membina hubungan kerjasama antara sekolah dengan BP3 atau komite sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan parasiswa. Faktor yang mendukung peran Kepala Madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟Arif Sidorejo Lampung Timur adalah adanya sistem kebijakan yang telah ditetapkan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah Ma‟Arif Sidorejo Lampung Timur sedangkan faktor yang mengambat dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru yaitu kurangnya dukungan dana yang memadai khususnya dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 May 2018 02:22
Last Modified: 04 May 2018 02:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3526

Actions (login required)

View Item View Item