ZAYNANI, Zayadi (2024) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK USIA DINI DI TK AZZAHRA SUMBEREJO BENGKUNAT PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Kemampuan menyimak disekolah sangat rendah maka dapat ditingkatkan dengan menggunkannya video animasi, Kemampuan menyimak sangat penting untuk bahasa (berbicara), bahasa adalah instrumen khusus yang digunakan semua orang dalam afiliasi atau mengelola kelekatan dengan orang lain. Penggunaan bahasa menjadi menarik karena seseorang dapat berbicara dengan orang lain. Pada segmen kemajuan bahasa diawali dengan memperagakan bunyi atau suara yang tidak penting dan dilanjutkan dengan mengucapkan satuan suku dari kata-kata, dua suku kata, menggabungkan kalimat dasar. Lewat penggunakan bahasa ini, anak-anak dapat berhubungan secara sosial sesuai dengan derajat integritasnya. Dalam penelitian ini dapat ditingkatkan dengan menggunkan video animasi. Tujuan dari penleitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyimak dengan menggunkan video animasi guna untuk meningkatnya suatu kemampuan menyimak pseserta didik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas yang menggunakan suatu proses pemecahan masalah yang dilakukan secara sistematis, artinya dilakukan secara bertahap. Menurut kemmis, penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif dan kolektif yang dilakukan oleh peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran praktik sosial mereka. Penelitian tindakan kelas yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sudah terjadi dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dengan melkaukan penelitian langsung observasi wawancara serta hasil dokumentasi guru disekolah bahwa di kelas TK Azzahra Sumberejo Bengkunat tersebut memiliki kurangnya Kemampuan menyimak yang rendah meskipun sudah dilakukanya pembelajaran secara rutin. Berdasarkan penjelasan hasil penelitian diketahui bahwa pada pra siklus dari jumlah 11 peserta didik terdapat suatu pencapaian. TK Azzahra Sumberejo Bengkunat. menyatakan bahwa dari ke 4 indikator menunjukan kemampuan menyimak dalam pegamatan di sekolah menunjukan fakta tersebut dapat dibedakan dalam data awal yang ditemukan melalui observasi yaitu BB 5 Anak Usia Dini dipresentasikan menjadi 50 %, MB terdapat 6 Anak Usia Dini iv denga jumlah persentase 35 %, pada kriteria BSH (Berkembang Sesuai Harapan) 2 Anak Usia Dini dengan persentase 10 %, Pada kriteria BSB (Berkembang Sangat Baik) dengan jumlah Anak Usia Dini 1 Anak Usia Dini dengan persentase 5 % dari penjelasan tebel diatas menjelaskan bahwa Anak Usia Dini masih banyak yang belum mampu dalam kemampuan menimak yang dapat dibuktikan dengan persentase tersebut dengan BB Paling banyak. Indikator kemampuan menyimak belum terpenuhi sehingga peneliti mengambil penelitian tersebut guna meningkatan kemampuan menyimak dengan menggunkan Video Animasi. Kata Kunci: Metode Bercerita, Video Animasi, Kemampuan Menyimak v ABSTRACT Listening ability at school is very low so it can be improved by using animated videos. Listening ability is very important for language (speaking), language is a special instrument that everyone uses in affiliation or managing attachment with other people. The use of language becomes interesting because someone can talk to other people. In the language progress segment, it begins with demonstrating unimportant sounds or sounds and continues with pronouncing syllabic units of words, two syllables, combining the basics. Through the use of this language, children can have social relationships according to their level of integrity. In this research, it can be improved by using animated videos. The aim of this research is to improve listening skills by using animated videos in order to improve students' listening skills. This research method is Classroom Action Research. Classroom action research is a problem-solving process that is carried out systematically, meaning that it is carried out in stages. According to Kemmis, action research is a form of reflective and collective research conducted by researchers in social situations to improve their social practice reasoning. Classroom action research that combines research procedures with an action carried out in a discipline, or a person's attempt to understand what has happened in a process of improvement and change. The results of this study show that children who learn with the storytelling method assisted by audio media, provide opportunities for children to hear directly what is contained in the story. In this learning activity the teacher plays a very important role in fostering an atmosphere so that the stories they listen to can be listened to properly and the children participate in the atmosphere of the stories they hear. With the storytelling method assisted by audio media it really helps children so that children can pay attention, listen, remember, assess and respond to the stories they hear. Based on the explanation above, it appears that the storytelling method assisted by audio media is appropriate to be used as an alternative learning method used in achieving learning objectives and stimulating aspects of listening development in children. The application of the storytelling method with the help of audio media makes children more interested in listening to stories so that children participate in activities. Keywords: Audio Method, Storytelling, Listening Ability
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:13 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:13 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35227 |
Actions (login required)
View Item |