ANALISIS MOTIVASI BELAJAR GIFTED AND TALENTED CHILD

Retno, Wulan (2024) ANALISIS MOTIVASI BELAJAR GIFTED AND TALENTED CHILD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RETNO WULAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Memotivasi para siswa gifted menghadirkan tantangan yang unik. Teori Vygotsky dan Csikszentmihalyi juga mengemukakan bahwa motivasi intrinsik dihasilkan dari tugas yang sepadan dengan keterampilan dari setiap individu. Namun, sering kali siswa gifted tidak menghadapi tantangan yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga pada akhirnya akan membuat siswa gifted ini merasa cepat bosan dan tidak terlalu antusias dalam mengikuti pelajaran. Oleh sebab itu penelitian ini menganalisis motivasi belajar gifted and talented child guna untuk dapat mengembangkan diri secara lebih baik Dengan memperhatikan motivasi belajar anak gifted secara khusus, diharapkan anak gifted dapat terus bersemangat dalam mengejar prestasi dan mengembangkan potensi diri mereka. Melalui berbagai cara, seperti memberikan pujian dan penghargaan atas prestasi yang telah dicapai, memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat individu, dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis motivasi belajar gifted and talented child. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif (Bibliometrik) serta Systematic Literature Review(SLR). Model Interaktif Analisis Milles & Hubberman dengan Perangkat Lunak NVIVO 12.0 digunakan sebagai cara untuk menganalisis data, data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 24 artikel bereputasi internasional dan nasional serta 5 buku akademik. Hasil temuan menunjukan bahwa terdapat 8 motivasi siswa gifted and talented child, yaitu (1)datang dari dalam dirinya (2)suka menghadpi tantangan (3)konsentrasi tinggi (4) memiliki ukuran standar sendiri (5)memiliki tujuan yang jelas (6)lebih unggul dalam belajar (7) produser ide (8) keingin tahuan yang tinggi. Hasil penelitian ini iv dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk menganilsis motivasi belajar siswa gifted and talented child. Jadi dapat disimpulkan Motivasi disebut sebagai hal yang dapat timbul karena faktor intrinsik hasrat dan keinginan berhasil serta dorongan kebutuhan belajar dan harapan dan cita�cita. Pada anak gifted talent yang merupakan anak yang mempunyai kreativitas yang tinggi, kreativitas itu biasanya digunakan untuk pemecahan masalah dan mengubah berbagai hal menjadi sesuatu yang baru. Pada anak gifted talent ini yang memiliki motivasi yang sedikit berbeda dengan teman-teman sebayanya. Adapun motivasi anak gifted talent ini yakni : Datang dari dalam dirinya sendiri, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sebagai produser ide, suka menghadapi tantangan, yang memiliki konsentrasi yang tinggi, memiliki ukuran standar sendiri, memiliki tujuan yang jelas, lebih unggul dalam belajar daripada teman-teman sebayanya. Kata kunci : Motivasi belajar, Anak berbakat v ABSTRACT Motivate students gifted presents unique challenges. Vygotsky and Csikszentmihalyi's theory also suggests that intrinsic motivation results from tasks that are commensurate with the skills of each individual. However, often students gifted not facing challenges that match their abilities, which in the end will make gifted students feel bored quickly and not be too enthusiastic about taking lessons. Therefore, this research analyzes the learning motivation of gifted and talented children in order to develop themselves better by paying attention to children's learning motivationgifted In particular, it is hoped that gifted children can continue to be enthusiastic in pursuing achievements and developing their potential. Through various means, such as providing praise and appreciation for achievements that have been achieved, providing opportunities to explore individual interests and talents, and providing constructive feedback. The aim of this research is to analyze the learning motivation of gifted and talented children. The research method used is qualitative (Bibliometric) and Systematic Literature Review (SLR). Milles & Hubberman's Interactive Model of Analysis with Tools NVIVO 12.0 software is used as a way to analyze the data, the data used In this research there were 24 articles of international and national reputation and 5 books academic. The findings show that there are 8 motivations for gifted and talented students talented child, namely (1) comes from within him (2) likes to face challenges (3) high concentration (4) has his own standards (5) has clear goals (6) excels in learning (7) produces ideas (8 ) high curiosity. The results of this research can be used as a way to analyze the learning motivation of gifted and talented child students. So it can be concluded that motivation is said to be vi something that can arise due to intrinsic factors of desire and desire to succeed as well as encouragement from the need to learn and hopes and dreams. In gifted children who are children who have high creativity, creativity is usually used to solve problems and change things into something new. These gifted children have slightly different motivations from their peers. The motivation for this gifted child is: Comes from within himself, has high curiosity, is a producer of ideas, likes to face challenges, has high concentration, has his own standards, has clear goals, is superior in learning than his peers. Key word: learning motivation, gifted and talented child

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:44
Last Modified: 10 Sep 2024 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35210

Actions (login required)

View Item View Item