KORELASI ANTARA PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIDK DENGAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR

Maulana, Lukman (2018) KORELASI ANTARA PEMAHAMAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PESERTA DIDIDK DENGAN TOLERANSI BERAGAMA DI SMA NEGERI 1 TERBANGGI BESAR. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (43MB) | Preview

Abstract

Bangsa Indonesia terdiri dari beragam agama, namun belakangan kerap terjadi konflik yang disebabkan atas perbedaan keyakinan. Konflik terjadi karena pemeluk agama tertentu kurang atau bahkan tidak mengenali pemeluk agama lain. Hal ini terjadi karena perbedaan agama terkadang tidak dijumpai dalam wilayah tertentu di Indonesia. Misalnya, satu desa di Sumatera terkadang mayoritas atau bahkan keseluruhan Muslim. Satu desa tertentu di Ambon mayoritas Kristen. Keadaan demikian menjadikan para pemeluk agama tidak peka terhadap keberagaman agama yang sesungguhnya terjadi di negara ini. Berdasarkan kenyataan seperti di atas, perlu melihat kondisi penduduk dalam satu desa atau daerah yang beragam. Dalam hal ini melihat kondisi peserta didik yang memeluk agama berbeda-beda dalam satu kelas menjadi hal yang urgen demi mengetahui sejauh mana toleransi terjadi dalam pemeluk agama yang mengetahui dan menyadari keberagaman tersebut. Peserta didik di SMAN 1 Terbanggi Besar terdiri dari beragam agama, ada yang menganut Islam, ada yang Kristen, Katolik, dan Hindu. Apakah perbedaan agama yang ada di sekolah ini memengaruhi pola pikir para peserta didik dalam bergaul maupun berinteraksi di antara sesama atau tidak, karena perbedaan sebagai pemicu konflik terjadi disebabkan keseragaman atau homogenitas pemeluk agama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Korelasi Tentang Pemahaman Pendidikan Agama Islam? (2) Mengetahui Bagaimana toleransi beragama? (3) Adakah Korelasi Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dengan Toleransi Pemeluk Agama Lain Di SMAN 1 Terbanggi Besar? Dalam penelitian ini mengambil sampel 56 peserta didik dari jumlah 1.119 iii peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Angket dan Interview. Temuan dan simpulan yang diambil berdasarkan penelitian (1) dari data hasil Prosentase Pemahaman Pendidikan Agama Islam dengan tergolong Baik, (2) Toleransi PAI Terhadap Pemeluk Agama Lain di lihat dari prosentase tergolong Baik. Berdasarkan perhitungan dari rxy = 0,048 dibandingkan dengan rtabel dengan db = 56 – 2 = 54 diperoleh angka 5% = 0,2632 dan 1% = 0,2221. Dengan demikian nilai rxy lebih besar daripada nilai rtabel. Maka Ha ditolak dan Ho diterima yaitu Tidak Terdapat Korelasi Antara Pemahaman Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Dengan Toleransi Pemeluk Agama Lain Di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 May 2018 03:19
Last Modified: 03 May 2018 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item