KORELASI ANTARA INTELEGENSI QUESTION DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG

Alpami, Muhammad Hafiz (2018) KORELASI ANTARA INTELEGENSI QUESTION DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full AAA.pdf]
Preview
PDF
Download (40MB) | Preview

Abstract

Intelegensi adalah kemampuan atau potensi seorang untuk menggunakan pemikirannya guna mempelajari dan menyesuaikan diri terhadap masalah, tugas , dan lingkungan secara cepat dan tepat. Untuk mengetahui intelegensi seseorang di perlukan suatu alat ukur yaitu tes intelegensi atau lebih di kenal dengan tes IQ (intelegence quetient) yaitu tingkat kecerdasan. Hasil belajar adalah suatu usaha merubah tingkah laku peserta didik dengan menggunakan bahan pengajaran. Tingkah laku yang diharapkan itu terjadi setelah peserta didik mempelajari suatu pelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah korelasi antara Intelegensi Question dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi (korelasional) dan meode penelitian yang digunakan adalah metode expostfacto dan Jenis Pendekatan (menurut timbul nya) dalam penelitian ini adalah pendekatan non-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Bandar Lampung yang berjumlah 300 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling (area sampling), dengan rumus slovin yaitu 75 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi , interview, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji korelasi/hipotesis dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat H0 ditolak dan H1 diterima, yakni dengan rhitung sebesar 0,50 berada pada interval 0,40-0,59 sehingga menunjukkan korelasi intelegensi dengan hasil belajar adalah korelasi yang cukup kuat. Lalu dilakukan perhitungan koefisien determinasi dan diperoleh kesimpulan bahwa intelegensi quetion memberikan kontribusi sebesar 25% dengan hasil belajar peserta didik dan 75% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Kata Kunci : Korelasi, Intelegensi, hasil belajar Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2018 01:47
Last Modified: 02 May 2018 01:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item