IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 31 BANDAR LAMPUNG

LIDIA, OKTAVIANI (2024) IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 31 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LIDIA OKTAVIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model picture and picture dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kreativitas belajar peserta didik efektif atau tidaknya dalam pemebelajaran. Salah satu model pembelajaran yang menarik yakni model picture and picture karena mudah difahami oleh peserta didik, dan juga merasa senang dan antusias selama proses pembelajaran,model picture and picture juga salah satu model pembelajaran yang fokus kepada gambar dan gambar yang membantu peserta didik mengingat materi serta dapat meningkat kreativitas belajar serta pemahaman terhadap materi. Dengan adanya model ini peserta didik menjadi lebih aktif, meningkatkan kreativitas dan dapat menerima pelajaran dengan mudah dan penelittian ini untuk menegetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model picture and picture dalam meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 31 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jemis penelitian lapangan (field reserch). Metode yang menggunakan kualitatif deskriptif, yang melibatkan satu orang guru dan peserta didik di kelas VII SMPN 31 Bandar Lampung. Teknikmpengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan reduksi data, data display,dan penerikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model picture and picture dalam meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VII di SMPN 31 Bandar Lampung. Mengetahui 3 tahapan yaitu: pada tahap pertama perencanaan guru harus mempersiapkan sebelum proses KBM berlangsung, seperti RPP, media pembelajaran. Tahap kedua yaitu pelaksanaan implementasi model picture and picture guru menyiapkan media pembelajaran dan sumber belajar dengan menyesuaikan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta meningkatkan kreativitas pesera didik tahapan ke tiga yaitu evalusi yang dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu: (1) kemampuan berfikir lancar, (2) kemampuan berfikir fleksibel,(3) berbakat, (4) kepekaan emosional (5) daya imajinasi yang tinggi. Kata kunci: Implementasi, model picture and picture, meningkatkan kreativitas iii ABSTRACT This research aims to describe the implementation of the picture and picture model in increasing students' creativity in Islamic religious education subjects. This research was conducted to determine whether students' learning creativity is effective or not in learning. One interesting learning model is the picture and picture model because it is easy for students to understand, and they also feel happy and enthusiastic during the learning process. The picture and picture model is also a learning model that focuses on pictures and drawings which help students remember the material and can increase learning creativity and understanding of the material. With this model, students become more active, increase creativity and can receive lessons easily and this research aims to find out the planning, implementation and evaluation of the picture and picture model in increasing students' creativity in class VII Islamic religious education subjects at SMPN 31 Bandar Lampung. This research uses a type of field research. The method uses descriptive qualitative, involving one teacher and students in class VII SMPN 31 Bandar Lampung. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The data was analyzed qualitatively using data reduction, data display, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using source triangulation. The results of this research show that the implementation of the picture and picture model increases students' creativity in Islamic religious education subjects in class VII at SMPN 31 Bandar Lampung. Knowing the 3 stages, namely: in the first stage of planning, the teacher must prepare before the KBM process takes place, such as lesson plans, learning media. The second stage, namely the implementation of the picture and picture model, the teacher prepares learning media and learning resources by adjusting the characteristics and needs of students and increasing students' creativity. The third stage, namely evaluation, can be seen from several indicators, namely: (1) ability to think fluently, (2) ) flexible thinking ability, (3) talent, (4) emotional sensitivity (5) high imagination. Keywords: Implementation, picture and picture model, increasing creativity

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:27
Last Modified: 02 Sep 2024 04:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35070

Actions (login required)

View Item View Item