MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL-IKHWAN BANDAR LAMPUNG

PRATIWI, ANISA (2018) MANAJEMEN PELAYANAN CALON JAMA’AH HAJI PADA KELOMPOK BIMBINGAN IBADAH HAJI (KBIH) AL-IKHWAN BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of ANISA.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Peranan KBIH sangat membantu pemerintah dalam hal bimbingan akan pengetahuan apa saja yang harus dilakukan seorang jama’ah ketika melaksanakan ibadah haji. Maka KBIH harus mempunyai dan mampu menerapkan manajemen yang berbasis mutu pelayanan, akhir-akhir ini banyak dijumpai KBIH-KBIH yang bermunculan dan bahkan menjamur di tengah masyarakat, akan tetapi tidak diimbangi dan didukung dengan SDM yang handal sehingga menimbulkan berbagai masalah. Untuk itu penulis mencoba mengungkapkan permasalahan apa saja yang sebetulnya terjadi di KBIH secara umum. Namun untuk lebih fokus penulis mengambil dua permasalahan agar dapat menghasilkan sebuah penelitian yang bernilai guna. manajemen pelayanan calon jama’ah haji pada KBIH Al-Ikhwan. Faktor pendukung dan penghambat manajemen pelayanan calon jama’ah haji pada KBIH Al-Ikhwan . Metode penelitian tersebut dibahas melalui studi lapangan yang akan meneliti dinamika manajemen pelayanan permasalahan yang di ambil di KBIH Al-Ikhwan. Adapun permasalahan penelitian meliputi metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif yang menganalisis dengan pendekatan manajemen. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan jumbah Populasi yang dimaksut disini adalah para pengurus, pembimbing jamaah haji dan karyawan KBIH Al-Ikhwan Bandar Lampung yang berjumlah 32 orang. Dan Adapun yang menjadi sampel adalah: ketua Yayasan, Hi. Ir. A. Ikhwan Hakim, ketua KBIH Hj. Ir. Anisah, Administrasi dan Keuangan Ibu Erlinawati, 2 orang pembimbing jamaah, dan 4 orang jamaah yang telah menggunakan jasa KBIH Al-Ikhwan. Berdasarkan temuan-temuan penelitian: manajemen pelayanan calon jama’ah haji yaitu menerapkan fungsi manajemen meliputi; perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Adapun faktor pendukung di dalam KBIH Al-Ikhwan meliputi : sarana prasarana yang memadahi serta mempunyai seketariat sendiri, SDM pembimbing dan karyawan yang professional, didukung oleh instansi pemerintah dengaan izin beroparasi yang lengkap. Faktor penghambat yang menggangu jalanya aktifitas pelayanan kepada jama’ah yaitu banyaknya persaingan yang ada serta tingginya calon jamaah yang berusia lanjut dan berresiko tinggi. 4 Adapun kesimpulannya KBIH Al-Ikhwan menerapkan unsur-unsur manajemen yang baik sehingga dalam memberikan pelayanan ibadah haji bisa secara optimal, sehingga dapat memberikan nilai yang positif dan mempunyai rasa ikhlas, ada beberapa faktor pendukung dan penghambat di dalam KBIH Al-Ikhwan adapun faktor pendukung dimana faktor pendukung ini digunakan untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada jama’ah agar lebih baik dan faktor penghambat ini harus diselesaikan sehingga tidak menggangu kinerja pelayanan KBIH.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 24 Apr 2018 02:06
Last Modified: 24 Apr 2018 02:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item