METODE INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM MATA PELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG

Mudiya, Dasa (2018) METODE INTERNALISASI NILAI-NILAI AKHLAK DALAM MATA PELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN PADA SMP MUHAMMADIYAH 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of skripsi lengkap dasa.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan pembelajaran tergantung pada bagaimana guru menginternalisasikan nilai akhlak yang terkandung dalam materi tersebut. Rumusan masalahnya adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan internalisasi nilai akhlak melalui mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung? (2) Metode apakah yang digunakan guru untuk menginternalisasikan nilai akhlak melalui mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung?. Untuk mengetahui permasalahan dan mendapatkan data dengan jelas, di sini peneliti menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati, sehingga dalam hal ini peneliti berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan, bahwa pelaksanaan Internalisasi nilai akhlak melalui mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan telah terinternalisasi atau tertanam dalam diri peserta didik sesuai dengan harapan menggunakan metode pergaulan, nasihat, teladan, pembiasaan, mengajak dan mengamalkan dan hafalan. Penanaman nilai akhlak ini juga mengacu pada Kurikulum 2013 yang didasarkan pada pengembangan Standar Kompetensi Lulusan. Wujud dari internalisasi nilai akhlak melalui mata pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 3 Bandar Lampung dapat disimpulkan, bahwa semakin meningkatnya perilaku/sikap yang positif dalam kehidupan sehari-hari, yang mana perilaku/sikap yang positif tersebut dapat dirasakan oleh dirinya sendiri dan juga dapat dirasakan oleh orang lain. Indikasinya, dari teori yang di dapat dari pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang diterima oleh peserta didik adalah mereka dapat memahami, menghayati serta menerapkan nilai-nilai akhlak ke dalam realita kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Metode, Internalisasi, Nilai Akhlak, Mata Pelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2018 07:16
Last Modified: 23 Apr 2018 07:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3505

Actions (login required)

View Item View Item