MATERI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEIKH UMAR BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL-BANAAT

A’yun, Qurrota (2018) MATERI PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT SYEIKH UMAR BARADJA DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL-BANAAT. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kedudukan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang sangat penting, sebab jatuh bangunnya suatu individu atau kelompok tergantung pada bagaimana akhlak manusia tersebut. Apabila akhlaknya baik, maka sejahteralah kehidupannya. Namun apabila akhlaknya buruk, maka rusak pulalah kehidupannya. Tingkat kualitas manusia bukanlah diukur dari seberapa tinggi ilmu pengetahuan dan banyak hartanya semata, tetapi juga diukur dari kualitas akhlaknya. Keunggulan ilmu tanpa disertai dengan akhlak mulia akan menjadi sia-sia dan membawa kehancuran. Berbagai fenomena atau kejadian dan gejala sosial dikalangan anak-anak seperti tidak menghormati orangtua, sopan santun sudah tidak lagi dikenal, pergaulan bebas, dan ketidak jujuran pada masa sekarang ini menjadi pemandangan sehari-hari. Kemerosotan perilaku anak disebabkan oleh kurangnya pendidikan akhlak yang diberikan oleh orangtua sejak kecil. Idealnya pendidikan akhlak diberikan sejak usia dini yaitu bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai akhlak. Pembentukan akhlakuntuk anak sudah sejatinya sudah menjadi perhatian para ulama atau ilmuan islam.perhatian ulama terhadap pendidikan akhlak yakni tampak pada kitab Al-Akhlak Lil-Banaat karya Syeikh Umar Baradja. Yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini ialah: Bagaimana Pendidikan akhlak Menurut Syeikh Umar Baradja dalam kitab Al- Akhlak Lil-Banaat dan apa saja kekurangan serta kelebihan dari kitab Al-Akhlak Lil- Banaat. Jenis penelitian dari skripsi ini adalah penelitian Library Research atau studi kepustakaan yang merupakan penelitian deskriptif analitik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis), yakni, mengeksplorasi pendidikan akhlak dalam kitab Al-Akhlak Lil-Banaat yang disajikan secara deskriptif analitik komparatif. Setelah dikaji secara mendalam, hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan akhlak dalam kitab Al-akhlak Lil-Banaat mencakup tentang pentingnya pendidikan akhlak, dasar atau sumber pendidikan akhlak (Al-Qur’an dan Hadits), ruang lingkup akhlak (Akhlak terhadap Allah, Akhlak terhadap Rasulullah SAW, Akhlak terhadap sesama manusi), dan macam-macam akhlak (Mahmudah dan Madzmumah)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 20 Apr 2018 02:38
Last Modified: 20 Apr 2018 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3493

Actions (login required)

View Item View Item