PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG

Lismawati, Mudasir (2024) PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of revisi skripsi lisma 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of revisi skripsi lisma full 1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENANAMAN NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 36 BANDAR LAMPUNG Oleh Lismawati Moderasi beragama adalah suatu konsep yang dinamis dalam memahami ajaran agama yakni dengan saling menghormati antar umat beragama dan mengambil jalan tengah agar terhindar dari berbagai problematika dalam kehidupan sosial. Moderasi beragama yang dimaksud dalam penelitian ini adalah nilai-nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan rumpun mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran pokok (dasar) yang terdapat dalam agama islam, yang menjadi salah satu komponen, dan tidak dapat dipisahkan dari rumpun mata pelajaran yang bertujuan, mengembangkan moral dan kepribadian peserta didik. Dalam pemlajaran mata pelajaran PAI terdapat materi tentang moderasi beragama dimana materi tersebut digunakan untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama pada siswa. Berdasarkan hasil observasi dilingkungan sekolah SMP Negri 36 Bandar Lampung penulis menemukan bahwa terdapat beberapa peserta didik yang kurang memahami mengenai moderasi beragma yang mengakibatkan pembulian sedangkan SMP Negeri 36 terdapat beragam-ragam penganut agama seperti siswa dan guru beragma islam, hindu, katolik dan budha, selain itu juga lokasi sekolah yang berada ditengah kota dapat memicu timbulnya masuknya bisikan-bisikan yang sangat mudah untuk mendapatkan doktrin mengenai radikalisme dan intoleransi terhadap sesama dari pihak luar. Oleh karena itu, penulis menemukan ketertarikan yang iv mendalam mengenai penanaman moderasi beragama di sekolah tersebut. Pada skripsi ini, digunakan pendekatan bersifat deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data lalu menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 36 Bandar Lampung merupakan salah satu kegiatan yang diterapkan di SMP Negeri 36 Bandar Lampung berjalan dengan baik dan konsisten dalam menanamkan nilai moderasi. Siswa mampu menerapkan nilai-nilai moderasi beragama terkhusus nilai toleransi dimana siswa mempunyai sikap menghargai dan menghormati. Faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai moderasi adalah : guru yang kompak untuk menerapka moderasi beragama, sarana dan suasana sekolah yang memadai serta murid yang mudah memahami dan mudah ditanami nilai-nilai modrasi beragama terutama toleransi. Sedangkan factor penghambat dalam penanaman moderasi beragama pada mata pelajaran PAI adalah factor lingkungan dan media sosial. Kata kunci : Penanaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Mata Pelajaran PAI v ABSTRACT Religious moderation is a dynamic concept of understanding the teachings of religion by honoring one another among religions and taking middle steps to avoid many problems in social life. The moderation of religion referred to in this study is the moderate value of religion in the subject of islamic education. The islamic religious education course isa subset of subjects developed from the basic teachings (fundamentals) found in the islamic religion, which isa component, and cannot be separated from the purposeful thicket of subjects, developing the morals and personalities of learners. In the parable of the lesson there is material on religious moderation where it is used to instill religious moderate values in students. Based on observations made in the country's junior high school: 36 intern towns, authors have found that there are few scholars who are less understanding about generational moderations that lead to profuse while the country's middle schools, 36 are a great diversity of religionists, such as islamic, Hindu, Catholic, and buddhist students and teachers, In addition, the location of a school in the center of the city can trigger incredibly easy promptings to find doctrines about radicalism and intolerance toward outsiders. Hence, the writer found deep interest in the implanting of religious moderation at the school. In this thesis, a descriptive approach is used by qualitative research methods. Data obtained USES data collection techniques of interviews, observation, and documentation. Then the data obtained is analyzed by inducing data, presenting the data and drawing conclusions. As a result of the study, the implanting of moderate religious values into pie subjects at the country's junior high high places was one of the activities adopted at public school. Students are able to apply the most moderate value of religious tolerance where students have an attitude of respect and respect. Contributing factors in the implanting of moderate values are: compact teachers to moderate religious, adequate school facilities vi and atmosphere and students who are easy to understand and susceptible to religious modration values especially tolerance. Whereas the factor factor in implanting religious moderations in pie subjects is environmental and social media. Keywords: implanting religious moderate values in pie subjects

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Aug 2024 06:55
Last Modified: 23 Aug 2024 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34922

Actions (login required)

View Item View Item