STRATEGI KOMUNIKASI APARATUR KELURAHAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KEBERSIHAN ALIRAN SUNGAI DI PASIR GINTUNG BANDAR LAMPUNG

FITRIYANI, WALUYO (2024) STRATEGI KOMUNIKASI APARATUR KELURAHAN DALAM MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP KEBERSIHAN ALIRAN SUNGAI DI PASIR GINTUNG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK FITRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Strategi komunikasi merupakan suatu rancangan yang dibuat untuk mengubah tingkah laku manusia dalam sekala yang lebih besar melalui transfer ide-ide baru. Fungsi strategi komunikasi yaitu menyampaikan pesan komunikasi yang disampaikan aparatur kelurahan kepada masyarakat salah satunya adalah mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan aliran sungai, membuang sampah ketempat sampah yang sudah di intruksikan aparatur kelurahan dan tidak membuang sampah ke aliran sungai yang menyebabkan terjadinya banjir. Kebersihan merupakan sebagian dari iman maka dari itu kewajiban bagi seorang muslim untuk menjaga dan tidak merusak lingkungan, namun kurangnya kesadaran dari diri manusia membuat lingkungan sekitar kurang terjaga sehingga mengalami kerusakan lingkungan sebagaimana dijelaskan dalam surah Q.S. Ar-rum [30]: 41. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan aparatur kelurahan dalam membangun kesadaran masyarakat terhadap kebersihan aliran sungai di Pasir Gintung Bandar Lampung. Agar tidak menjalar luas dalam pembahasannya. Maka penulis hanya membatasi terhadap strategi komunikasi dan hambatan nya. Guna mengkaji penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak berstruktur atau biasa disebut wawancara mendalam, observasi non partisipan dan dokumentasi. Adapun sumber data terdiri dari sumber data primer dan sumber data skunder, dengan teknik penentuan sampel purposive sampling yang penulis tetapkan terdiri dari empat narasumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat langkah-langkah strategi komunikasi yang terjadi selama proses strategi komunikasi berlangsung, yaitu mengenal khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan, menetapkan metode yang digunakan, menentukan komunikator unggulan, dan menentukan media komunikasi yang tepat. Adapun hambatan yang terjadi selama proses strategi komunikasi berlangsung terjadi karena dua faktor yaitu, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal atau yang biasa disebut faktor dalam diri yaitu penyampaian sosialisasi yang kurang efektif dan perlunya interaksi kepada masyarakat untuk mengedukasi. Adapun faktor eksternal atau biasa disebut sebagai faktor dari luar diri yaitu kurang nya pengetahuan masyarakat untuk menjaga lingkungan dan perilaku masyarakat yang sulit diubah. Kata kunci: Kebersihan aliran sungai, kesadaran masyarakat, strategi Komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Aug 2024 06:50
Last Modified: 22 Aug 2024 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34894

Actions (login required)

View Item View Item