PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MASYARIQULANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

ANDAYANI, SRI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI MASYARIQULANWAR 4 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan matematika diajarkan di taman kanak-kanak secara informal. Adapun masalah dalam penelitian ini Adakah pengaruh yang signifikan pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimen. Desain penelitian yang digunakan pada quasy experiment ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung dengan tehnik pengambilan sampel adalah non probability sampling (sampel tanpa acak). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VA berjumlah 19 siswa dan kelas VB berjumlah 19 siswa. Pada kelas VA sebagai kelas control menggunakan metode diskusi dan kelas VB sebagai kelas eksperimen menggunakan metode problem solving. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes dalam bentuk uraian dan dokmentasi. Hasil perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung memperoleh nilai 14,841 dan ttabel adalah 1,688 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Kata Kunci : hasil belajar matematika, metode problem solving

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 17 Apr 2018 07:32
Last Modified: 17 Apr 2018 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3487

Actions (login required)

View Item View Item