HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MIN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Pariani, Elva (2018) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MIN 12 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan manusia karena dengan adanya pendidikan diharapkan manusia dapat berubah, baik pengetahuannya, tingkah lakunya maupun keterampilannya. Gaya belajar berdasarkan modalitas menurut Grinder dapat digolongkan menjadi tiga macam yaitu gaya belajar visual (lebih peka terhadap indera penglihatan), gaya belajar auditory (lebih peka terhadap indera pendengaran), dan gaya belajar kinesthetic (lebih peka dengan bergerak, bekerja, dan menyentuh). Berbagai macam gaya belajar tersebut pada dasarnya dimiliki oleh setiap individu namun ada salah satu yang lebih dominan. Setiap individu memiliki kecenderungan pada satu gaya belajar tertentu yang memudahkanya dalam menyerap pelajaran. Individu yang mengetahui kecenderungan gaya belajarnya dan mampu menerapkan strategi belajar yang sesuai maka individu tersebut akan berhasil dalam belajarnya. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah hubungan yang positif antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas V di MIN 12 Bandar Lampung, dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas V MIN 12 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V MIN 12 Bandar Lampung dapat diketahui bahwa meannya 70. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar siswa dalam kategori sangat kuat. Sedangan hasil belajar akidah akhlak siswa kelas V MIN 12 Bandar Lampung juga diketahui meannya adalah 79,2. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis product moment. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan tes. Metode yang digunakan adalah korelasi product moment dengan taraf signifikan 5%. Pada perhitungan rhitung 0,9134 dan rtabel 0,413 pada taraf signifikan 5% rhitung > rtabel (0,9134 > 0,143) dengan demikian dapat diketahui H0 ditolak sedangkan H1 diterima. Dari perhitungan ini berarti menunjukkan ada hubungan gaya belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak pada kelas V di MIN 12 Bandar Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 17 Apr 2018 07:26
Last Modified: 17 Apr 2018 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item