KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMRAH DI PT. ZAHWA WAIDZA IKROM

Muhammad, Ridho Kristanto (2024) KOMUNIKASI BISNIS DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMRAH DI PT. ZAHWA WAIDZA IKROM. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi bisnis merupakan suatu proses pertukaran gagasan, pendapat, informasi, intruksi melalui lambang-lambang yang meliputi keseluruhan unsur-unsur yang berhubungan dengan proses penyampaian dan penerimaan pesan, baik itu dalam bentuk tulisan, lisan, maupun nonverbal yang memiliki tujuan dan disajikan personal maupun interpersonal guna memperoleh keuntungan. Untuk memenuhi kehidupan yang baik manusia dapat bekerja dengan berbagai cara di antaranya adalah berbisnis, dengan adanya bisnis kita dapat menghasilkan simbiosis atau menyambung hidup dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Dalam dunia bisnis, komunikasi termasuk kedalam hal yang sangat penting walaupun seorang pengusaha memiliki skill bisnis yang hebat namun tidak akan berguna sebelum disampaikan lewat berkomunikasi sehingga dapat dipahami oleh orang lain tentang produk dan bisnis dari perusahaan. Perkembangan di dunia bisnis saat ini sangat pesat, hal ini ditunjukkan oleh banyaknya produk yang ditawarkan oleh pihak pemasar kepada konsumen. Hal ini seterusnya berdampak pada persaingan antara perusahaan untuk dapat menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Kemudahan untuk memperoleh produk menyebabkan konsumen dengan mudah dapat beralih dari satu merek ke merek lainnya. Seperti dalam halnya perusahaan jasa travel Haji dan Umroh yang membutuhkan jamaah sebagai konsumennya, dengan pendekatan komunikasi yang tepat dapat membuat jamaah memilih travel yang terbaik menurut mereka, di PT. Zahwa Waidza Ikrom setelah menggunakan komunikasi bisnis dalam perusahaannya akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk umrohnya setelah era pandemi covid�19 pada tahun 2020 mengakibatkan menurunnya jumlah jamaah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis, dirumuskan secara rinci, proses verifikasi atau proses pembuktian kembali untuk mencari data yang valid lalu terakhir penarikan kesimpulan. Sampel pada penelitian ini adalah PT. Zahwa Waidza Ikrom. Temuan dari penelitian ini bahwa dalam menjalankan sebuah perusahaan diperlukannya komunikasi bisnis sebagai landasannya, komunikasi bisnis yang diterapkan di PT.Zahwa Waidza Ikrom adalah dengan menggunakan AIDDA dan Marketing Mix dengan menggunakan beragam cara tersebut PT.Zahwa Waidza Ikrom dapat bertahan setelah pandemi COVID-19 yang menyebabkan perusahaan berhenti beroperasi total pada tahun 2021 dan pada tahun berikutnya hanya dapat memberangkatkan jamaah asal lampung berjumlah 3 orang setelah menggunakan berbagai macam cara akhirnya pada tahun 2022 lonjakan jamaah meningkat menjadi 21 orang. Keyword : Komunikasi Bisnis, Peningkatan Produk Umroh. ABSTRACT Business Communication is a process of exchanging idea, opinion, information, instruction throught symbols including elements related to the receiving process and sending process, whether in written, oral or non-verbal form that has a purpose and is presented personally and interpersonally in order to gain benefits. To fulfill a good life, humans can work in various ways, including doing business, with business we can produce symbiosis or maintain a good life and fulfill other human needs. In the business world, communication is a very important thing, even though an entrepreneur has great business skills, it will not be useful until it is conveyed through communication so that other people can understand the company's products and business. Developments in the business world are currently very rapid, this is shown by the many products offered by marketers to consumers, this in turn has an impact on competition between companies to be able to attract as many customers as possible. The ease of obtaining products means that consumers can easily switch from one brand to another As in the case of Hajj and Umrah travel service companies which need jamaah as consumers, with the right communication approach you can make jamaah choose the best travel according to them, at PT. Zahwa Waidza Ikrom, after using business communications in his company, was finally able to increase sales of his Umrah products after the Covid-19 pandemic in 2020 resulted in a decline in the number of jamaah. This research is descriptive research with a qualitative approach. The data sources for this research were obtained from observations, interviews and documentation. The collected data is then analyzed, formulated in detail, a verification process or proof process is carried out again to find valid data and finally conclusions are drawn. The sample in this study was PT. Zahwa Waidza Ikrom The findings from this research are that in running a company business communication is needed as its foundation. The business communication implemented at PT. Zahwa Waidza Ikrom is by using AIDDA, Marketing Mix and Promotion Mix. -19 which caused the company to completely stop operating in 2021 and in the following year it could only send 3 jamaah from Lampung after using various methods, finally in 2022 the surge in jamaah increased to 21 people. Keyword : Business Comunnication, Increased Umroh Product.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:14
Last Modified: 21 Aug 2024 03:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34850

Actions (login required)

View Item View Item