PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI MI AL-KHAIRIYAH KANGKUNG BANDAR LAMPUNG

Eliska, Fitriana (2018) PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI MI AL-KHAIRIYAH KANGKUNG BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full.pdf]
Preview
PDF
Download (39MB) | Preview

Abstract

Strategi Role Playing merupakan peguasaan bahan-bahan pelajaran melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik. Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan peserta didik dengan memerankan diri sebagai tokoh hidup atau mati. Peserta didik diperlakukan sebagai subjek pembelajaran yang secara aktif melakukan praktik bertanya dan menjawab bersama teman-temannya pada situasi tertentu. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh yang signifikan dalam penggunaan strategi pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar kelas V MI Al- Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi Role Playing (Bermain Peran) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan desain yang di gunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan dikelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol yang menerapkan strategi Everyone is Teacher Here (Semua Bisa Jadi Guru) dan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pembelajaran Role Playing (Bermain Peran). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 0,473 (interpretasi sedang) dan N-Gain yang di peroleh kelas kontrol sebesar 0,255 (interpretasi rendah). Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji-t diperoleh thitung= 1,925 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung> ttabel maka Ha di terima dan Ho di tolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung. Kata Kunci : Strategi Role Playing ( Bermain Peran), Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:32
Last Modified: 17 Apr 2018 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3484

Actions (login required)

View Item View Item