Eliska, Fitriana
(2018)
PENGARUH STRATEGI ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR
IPS KELAS V DI MI AL-KHAIRIYAH KANGKUNG
BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Strategi Role Playing merupakan peguasaan bahan-bahan pelajaran
melalui pengembangan imajinasi dan penghayatan peserta didik.
Pengembangan imajinasi dan penghayatan dilakukan peserta didik dengan
memerankan diri sebagai tokoh hidup atau mati. Peserta didik diperlakukan
sebagai subjek pembelajaran yang secara aktif melakukan praktik bertanya
dan menjawab bersama teman-temannya pada situasi tertentu. Adapun masalah
dalam penelitian ini yaitu adakah pengaruh yang signifikan dalam penggunaan
strategi pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar kelas V MI Al-
Khairiyah Kangkung Bandar Lampung.
Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh strategi Role Playing (Bermain Peran) terhadap hasil belajar peserta
didik mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar
Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan
desain yang di gunakan yaitu nonequivalent control group design. Penelitian
ini dilakukan dikelas V MI Al-Khairiyah Kangkung Bandar Lampung yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol yang menerapkan strategi Everyone is
Teacher Here (Semua Bisa Jadi Guru) dan kelas eksperimen yang diberikan
perlakuan strategi pembelajaran Role Playing (Bermain Peran). Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, kemudian dianalisis
menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain yang diperoleh
kelas eksperimen sebesar 0,473 (interpretasi sedang) dan N-Gain yang di
peroleh kelas kontrol sebesar 0,255 (interpretasi rendah). Berdasarkan hasil
analisis dan pengolahan data menggunakan uji-t diperoleh thitung= 1,925 dan
ttabel = 1,671 dengan taraf signifikasi 5%. Karena thitung> ttabel maka Ha di
terima dan Ho di tolak, hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang
signifikan strategi pembelajaran Role Playing (Bermain Peran) terhadap hasil
belajar peserta didik mata pelajaran IPS kelas V MI Al-Khairiyah Kangkung
Bandar Lampung.
Kata Kunci : Strategi Role Playing ( Bermain Peran), Hasil Belajar
Actions (login required)
 |
View Item |