IMPLEMENTASI MEDIA KOKORU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT QURROTA AYUN 2 TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG

Yuli, Yanti Lestari (2024) IMPLEMENTASI MEDIA KOKORU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TKIT QURROTA AYUN 2 TELUK BETUNG SELATAN BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI YULI 135.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI YULI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan Motorik Halus pada anak dipandang sebagai hal yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini, karena dengan adanya motorik halus maka seseorang dapat menimbulkan kualitas hidupnya. Namun terkadang masih ada beberapa anak mengalami kesulitan dalam menyampaikan ide dan gagasannya ketika melakukan praktek pembelajaran. Pada saat guru memberikan kegiatan kepada anak yang masih merasa kurang percaya diri dalam menyampaikan ide dan rasa ingin tahunya dalam kegiatan motorik. Maka tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui media kokoru di TKIT QURROTA AYUN 2 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Objek penelitian ini yaitu kelas B1 TKIT QURROTA AYUN 2 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. Dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini melalui media kokoru. Tehnik pengumpul data yang digunakan berupa metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan teknik tringulasi. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam mengembangkan motorik anak usia dini melalui media kertas kokoru di TKIT QURROTA AYUN 2 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung dapat berkembang hal ini dapat dilihat dari adanya perkembangan motorik halus dengan hasil presentase berdasarkan rata-rata indikator pencapaian berdasarkan hasil dari presentase tersebut telah dijelaskan bahwa 20 peserta didik yang belum berkembang (BB) 1 dengan presentase 5%, mulai berkembang (MB) 3 dengan presentase 15% berkembang sesuai harapan (BSH) ada 1 dengan presentase 5%, sedangkan berkembang sangat baik (BSH) dengan presentase 75% dapat diartikan peserta didik berkembang sangat baik. Kata kunci : Motorik Halus, Media Ketas Kokoru, Anak Usia Dini iv ABSTRACT The development of fine motor skills in children is seen as an important thing to develop from an early age, because with fine motor skills a person can improve their quality of life. However, sometimes there are still some children who have difficulty conveying their thoughts and ideas when carrying out learning practices. When teachers provide activities to children who still feel less confident in conveying their ideas and curiosity in motor activities. So the aim of the research is to find out how to develop fine motor skills in early childhood through kokoru media at Tkit Qurrota Ayun 2 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. This research method is qualitative descriptive research. The subjects in this research were teachers and school principals, the object of this research was class B1 Tkit Qurrota Ayun 2 Teluk Betung Selatan Bandar Lampung. In developing fine motor skills in early childhood through kokoru media. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation methods. Then the data was analyzed using the triangulation technique. Based on the research results, it can be concluded that in developing early childhood motor skills through kokoru paper media at Tkit Qurrota Ayun 2 Teluk Betung Selatan Bandarnb Lampung, this can be developed. This can be seen from the development of fine motor skills with percentage results based on the average achievement indicator based on the results of the percentage. It has been explained that of the 20 students who have not yet developed (BB) 1 with a percentage of 5%, starting to develop (MB) 3 with a percentage of 15% developing according to expectations (BSH) there is 1 with a percentage of 5%, while developing very well (BSH) with a percentage of 75% can mean that students are developing very well. Keywords : Fine Motor, Kokoru Paper Media, Early Childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:42
Last Modified: 19 Aug 2024 06:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34808

Actions (login required)

View Item View Item