PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DI TK INKLUSI TUNAS MANDIRI BANDAR LAMPUNG

ROFIQOTUL, KHOIRIAH (2024) PENGENDALIAN EMOSI PADA ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BEHAVIORAL DI TK INKLUSI TUNAS MANDIRI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan temuan penelitian di Tk Inklusi Tunas Mandiri Bandar Lampung bahwa adanya anak autis yang masih belum mampu dalam mengendalikan emosinya. Dengan belum terkendalinya emosi pada anak autis tersebut menyebabkan anak autis tersebut mudah marah, tantrum, dan tidak mampu mengendalikan perasaan emosinya dan perilakunya tidak terarah. Bahkan sering kali anak autis tantrum hingga melukai anggota tubuhnya. Oleh karena itu, Tk Inklusi Tunas Mandiri Bandar Lampung berupaya membantu dan mendampingi pengembangan diri pada anak autis dengan berbagai pendekatan yang dilakukan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi emosional pada anak autis di Tk Inklusi Tunas Mandiri Bandar Lampung dan untuk mengetahui proses pengendalian emosi pada anak autis dengan menggunakan pendekatan behavioral di Tk Inklusi Tunas Mandiri Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan ( Field Research) dengan metode kualitatif dan menggunakan teknik Purposive Sampling. Sumber data dalam penelitian ini ada 6 orang diantaranya 1 orang guru pendamping, kepala sekolah dan 4 orang tua anak autis dan sumber data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal dan sumber lainnya yang relavan. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi dan teknik keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi perubahan positif pada anak autis selama bersekolah di Tk Inklusi Tunas Mandiri Bandar Lampung. Perubahan pada anak autis ini yaitu kondisi emosional anak semakin membaik meskipun sesekali anak masih mengalami tantrum dan anak mulai mampu mengendalikan emosinya tanpa harus tantrum, mampu berkomunikasi dengan baik dengan guru pendamping maupun orang tuanya dan perilakunya semakin terarah. Kata Kunci : Pengendalian emosi, Anak Autis dan Pendekatan Behavioral. ABSTRACT Based on research findings at Tunas Mandiri Bandar Lampung Inclusive Kindergarten, there are autistic children who still struggle with controlling their emotions. The inability to manage their emotions leads these autistic children to be easily angered, have tantrums, and be unable to control their emotional feelings, resulting in disorganized behavior. Sometimes, autistic children may have tantrums that cause them to injure themselves. Therefore, Tunas Mandiri Bandar Lampung Inclusive Kindergarten is striving to support and guide the personal development of autistic children through various approaches. The purpose of this research is to assess the emotional condition of autistic children at Tunas Mandiri Bandar Lampung Inclusive Kindergarten and to understand the process of emotional control in autistic children using a behavioral approach at Tunas Mandiri Bandar Lampung Inclusive Kindergarten. This study employs field research with a qualitative method and uses purposive sampling techniques. The data sources for this research include 6 individuals: 1 supporting teacher, the principal, and 4 parents of autistic children, as well as secondary data obtained from books, journals, and other relevant sources. Data collection methods include interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques follow Miles and Huberman‟s theory, including steps of data reduction, data presentation, conclusion drawing or verification, and data validity techniques. The research findings indicate that there has been a positive change in autistic children during their time at Tunas Mandiri Bandar Lampung Inclusive Kindergarten. These changes include improved emotional conditions, although the children still occasionally experience tantrums. The children have started to manage their emotions without having tantrums, communicate well with their supporting teachers and parents, and exhibit more directed behavior. Keywords: Emotional control, autistic children and behavioral approaches.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Aug 2024 02:43
Last Modified: 19 Aug 2024 02:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34785

Actions (login required)

View Item View Item