PERAN TOUR LEADER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT GARUDA WISATA JAYA AL METRONI TOUR AND TRAVEL LAMPUNG

Alfira, Damayanti (2024) PERAN TOUR LEADER DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PT GARUDA WISATA JAYA AL METRONI TOUR AND TRAVEL LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI ALFIRA DAMAYANTI 135.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFIRA DAMAYANTI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Peran merupakan konsep sosiologi yang menjelaskan bagaimana seseorang berprilaku dan berinteraksi dengan orang lain sesuai dengan harapan sosial yang melekat pada status atau kedudukan tertentu. Tour Leader adalah seorang profesional yang bertanggung jawab memimpin dan mengelola kelompok wisatawan selama perjalanan wisata. Meningkatkan adalah proses atau tindakan membuat sesuatu menjadi lebih baik, lebih tinggi, lebih besar, lebih kuat atau lebih efektif dari keadaan sebelumnya. Kepuasan adalah perasaan senang atau puas yang dirasakan oleh seseorang ketika kebutuhan, harapan atau keinginanya terpenuhi. Konsumen adalah pihak yang menjadi target dari produk atau layanan yang ditawarkan di pasar dan memainkan peran penting dalam perekonomian karena keputusan pembelian mempengaruhi permintaan pasar. Sedangkan yang dimaksud dengan meningkatkan kepuasan konsumen adalah upaya atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan atau penyedia layanan untuk membuat pelanggan merasa lebih puas dengan produk atau layanan yang mereka terima. Peran tour leader dalam meningkatkan kepuasan konsumen pada PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni adalah bagaimana seseorang bertanggung jawab memegang suatu pekerjaan untuk membuat konsumen menjadi puas dalam melayani. Peneliti mengadakan penelitian mengenai Peran Tour Leader dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen pada PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni dengan tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peran tour leader dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif artinya penelitian yang menggunakan metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang menggambarkan objek penelitian. Sumber data yang diperoleh yaitu berupa data primer yang diperoleh langsung dari CEO dan Tour Leader PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni Lampung serta data sekunder yang diperoleh dari buku�buku, literature, internet jurnal-jurnal ilmiah yang erat kaitannya dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan resukdi data dengan mencatat data yang diperoleh secara teliti, penyajiaan data dalam bentuk uraian singkat, dan verivikasi data atau penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran tour leader dalam memuaskan konsumen yang terbukti selalu menjadi pemandu dan informan setiap perjalanan dalam memberikan informasi destinasi untuk menjelasakan tempat yang akan dikunjungi, mengatur koordinator logistik seperti tiket masuk, jadwal perjalanan, sebagai pemecah masalah meghadapi dan menyelasaikan maslah yang timbul selama perjalanan, menjadi penghubung anatara pihak ketiga seperti hotel, restoran dan tempat wisata, menjadi pendamping dan motivator selalu mendampingi konsumen ketika perjalanan dan memberikan motivasi kepada konsumen, menjaga keamanan dan kesehatan dalam setiap perjalanan agar ketika terjadi yang tidak terduga pihak tour leader akan mencari solusi dan yang memiliki masalah kesehatan agar langsung di tangani dengan medis, dan menjadi promotor budaya etika. Kata Kunci : Peran Tour Leader dan Kepuasan Konsumen.ABSTRACT Role is a sociological concept that explains how a person behaves and interacts with other people in accordance with the social expectations attached to a certain status or position. Tour Leader is a professional who is responsible for leading and managing a group of tourists during a tour. Improving is the process or action of making something better, higher, bigger, stronger or more effective than its previous state. Satisfaction is a feeling of joy or satisfaction that a person feels when their needs, hopes or desires are met. Consumers are the parties who are the targets of products or services offered on the market and play an important role in the economy because purchasing decisions influence market demand. Meanwhile, what is meant by increasing consumer satisfaction are efforts or actions carried out by companies or service providers to make customers feel more satisfied with the products or services they receive. The role of the tour leader in increasing customer satisfaction at PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni is how someone is responsible for holding a job to make consumers satisfied in serving. Researchers conducted research regarding the Role of Tour Leaders in Increasing Consumer Satisfaction at PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni with the research objective to describe the role of tour leaders in increasing consumer satisfaction. This research is descriptive qualitative research, meaning research that uses qualitative methods as a research procedure that produces descriptive data that describes the research object. The source of data obtained is primary data obtained directly from the CEO and Tour Leader of PT. Garuda Wisata Jaya Almetroni Lampung as well as secondary data obtained from books, literature, the internet, scientific journals that are closely related to research. Data collection techniques use interviews, observation and documentation. Data analysis uses data analysis by carefully recording the data obtained, presenting the data in the form of short descriptions, and verifying the data or drawing conclusions from the data obtained The results of this research show that the role of the tour leader in satisfying consumers is proven to always be a guide and informant on every trip in providing destination information to explain the places to be visited, arranging logistics coordinators such as entrance tickets, travel schedules, as a problem solver in dealing with and resolving problems that arise. during the trip, being a liaison between third parties such as hotels, restaurants and tourist attractions, being a companion and motivator always accompanying consumers when traveling and providing motivation to consumers, maintaining safety and health on every trip so that when the unexpected happens the tour leader will look for solutions and Those who have health problems should be treated immediately by medical personnel, and become promoters of ethical culture. Keywords: Role of Tour Leader and Customer Satisfaction.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Aug 2024 07:28
Last Modified: 16 Aug 2024 07:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34770

Actions (login required)

View Item View Item