HUBUNGAN ALOKASI JAM PELAJARAN PAI DENGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DI SMP N 7 BANDAR LAMPUNG

SUSILO, REFFAN DWI (2018) HUBUNGAN ALOKASI JAM PELAJARAN PAI DENGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS DI SMP N 7 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (35MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah sedikitnya alokasi jam pelajaran PAI di sekolah sehingga internalisasi nilai-nilai religius tidak masuk ke dalam diri peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “apakah ada hubungan alokasi jam pelajaran PAI dengan internalisasi nilai-nilai religius” penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan alokasi jam pelajaran PAI dengan internalisasi nilainilai religius. Kegunaan penelitian ini adalah mengetahui hubungan alokasi jam pelajaran PAI diharapkan dapat membantu memecahkan masalah yang berhubungan dengan internalisasi nilai-nilai religius. Jenis penelitian ini berdasarkan metode adalah pendekatan secara kuantitatif dengan melakukan penelitian lapangan (Field Research). Populasi dalam penilitian ini adalah peserta didik kelas VII,VIII, dan IX di SMP N 7 Bandar Lampung yang berjumlah 975 peserta didik, sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada di dalam populasi itu yaitu 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Uji instrumen menggunakan validitas dan reliabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan korelasi Product moment. Uji Prasyarat menggunakan normalitas, linieritas, dan koefisien determanisasi. Berdasarkan analisis data dan perhitungan, diperoleh pengujian hipotesis pada analisis data didapat Ha diterima, yakni dengan rhitung sebesar 0,876. Sementara untuk rtabel untuk taraf signifikansi sebesar 5% adalah 0,286, sehingga nilai rhitung > rtabel. Berdasarkan tabel tingkat korelasi rhitung sebesar 0,876 berada pada interval 0,80 - 1,000 sehingga menunjukan hubungan alokasi jam pelajaran dengan internalisasi nilai-nilai religius adalah korelasi yang sangat kuat. Besarnya hubungan alokasi jam pelajaran PAI dengan internalisasi nilai-nilai religius adalah sebesar 76,7% sedangakan 23,3% dipengaruhi oleh faktor lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 13 Apr 2018 03:59
Last Modified: 13 Apr 2018 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3475

Actions (login required)

View Item View Item