IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 8.8 DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Lani, Wati Harahap (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK BEHAVIORAL CONTRACT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 8.8 DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI LANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisiss bagaimana meningkatkan disiplin belajar peserta didik di SMP Negeri 7 Bandar Lampung, penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya disiplin belajar peserta didik di kelas, dan bagaimana peserta didik mentaati tata tertib di sekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Subjek penelitian ini adalah guru dan 4 peserta didik kelas 8.8 di SMP Negeri 7 Bandar Lampung sedangkan objeknya adalah disiplin belajar peserta didik. Informan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa implementasi layanan individu teknik behavior contract berhasil meningkatkan disiplin belajar pada empat peserta didik. Proses yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling tersebut adalah dengan melakukan konseling individu teknik behavioral contract adanya perubahan yang ditunjukkan oleh peserta didik yaitu dengan aktif datang ke sekolah, ketepatan waktu datang ke sekolah dan masuk sekolah, aktif mengikuti pelajaran dikelas, dan aktif menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Dengan adanya konseling individu dengan teknik behavioral contract ini cukup efektif untuk meningkatkan disiplin belajar peserta didik. Kata Kunci : Layanan Konseling Individu Disiplin Belajar dan Teknik Behavior Contract iv ABSTRACT This study aims to analyze how to improve the learning discipline of students at SMP Negeri 7 Bandar Lampung, this research is motivated by the lack of learning discipline of students in class, and how students obey the rules of conduct in school. This type of research is descriptive qualitative research with primary and secondary data sources. The subjects of this study were teachers and 4 students of grade 8.8 at SMP Negeri 7 Bandar Lampung while the object was student learning discipline. The informant in this study was 1 teacher. The data collection techniques used are observation, interview, and documentation using source triangulation to ensure the validity of the data. Based on the results of research through observation, interviews, and documentation that have been carried out researchers show that the implementation of individual services behavior contract technique has succeeded in improving learning discipline in four students. The process carried out by the guidance and counseling teacher is to conduct individual counseling behavioral contract techniques there are changes shown by students, namely by actively coming to school, punctuality in coming to school and entering school, actively following lessons in class, and actively completing tasks given by the teacher. With the existence of individual counseling with behavioral contract techniques is quite effective to improve the learning discipline of students. Keywords: Individual Counseling Services Learning Disciplines and Behavior Contract Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:21
Last Modified: 15 Aug 2024 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/34734

Actions (login required)

View Item View Item