NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SIRAH KHADIJAH KARANGAN ABDUL MUN’IM MUHAMMAD

Putri, Kurnia Dwi (2018) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM SIRAH KHADIJAH KARANGAN ABDUL MUN’IM MUHAMMAD. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (12MB) | Preview

Abstract

Akhlak merupakan bagian yang paling penting dalam terciptanya suatu hubungan, baik antara manusia dengan Allah SWT dan antara manusia dengan manusia itu sendiri serta antara manusia dengan sesamanya. Manusia memiliki sistem nilai untuk mengatur hal-hal yang baik ataupun buruk. Ada banyak cara dalam menyampaikan pendidikan akhlak, salah satunya adalah dengan mengkaji sejarah dan biografi kehidupan Khadijah binti Khuwailid dalam sirah khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad. Khadijah binti Khuwailid merupakan sosok wanita teladan yang menginspirasi semua kalangan secara keseluruhan. Akhlaknya dapat dijadikan sebagai bahan pendidikan akhlak yang selama ini kurang mengena. Melalui buku Sirah Khadijah, nilai akhlak beliau dapat dipelajari dengan memahami perjalanan hidup beliau. Sesuai latar belakang tersebut maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad dan bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah terhadap pendidikan saat ini. Sedangkan tujuannya adalah untuk menentukan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah karangan Abdul Mun’im Muhammad dan untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam sirah khadijah terhadap pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka. Jenis pendekatannya adalah deduktif dan metode analisisnya adalah analisis isi. Berdasarkan penelitian/telaah pustaka yang telah dilakukan, nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat disimpulkan terdiri dari akhlak terhadap Allah (meliputi: mentauhidkan Allah, takwa kepada Allah, dzikrullah, tawakal, dan syukur), akhlak terhadap diri sendiri (meliputi: sabar, amanah, memelihara kesucian diri, benar, menepati janji, dan teguh), akhlak terhadap sesama (meliputi: berbuat baik pada sesama dan suka menolong orang lain/dermawan). Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam buku Sirah Khadijah sangat relevan dengan pendidikan saat ini sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yaitu membentuk kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia sehingga nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam buku Sirah Khadijah dapat menjadi acuan atau pedoman dalam dunia pendidikan saat ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 13 Apr 2018 02:02
Last Modified: 13 Apr 2018 02:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item